2 buruh migran dapat penghargaan dari FEIU

Jum'at, 18 Januari 2013 - 06:30 WIB
2 buruh migran dapat penghargaan dari FEIU
2 buruh migran dapat penghargaan dari FEIU
A A A
Sindonews.com - Dua orang mantan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mendapat penghargaan sebagai Indonesia Migrant Worker Award 2012 dari UKM Center Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI). Mereka adalah Usep Hermawan, mantan TKI yang pernah bekerja di Jepang selama dua tahun.

TKI kedua yang mendapat penghargaan adalah Maizidah, mantan TKW yang pernah bekerja di Korea, dan Taiwan, yang mendapat penghargaan kategori TKI Purna Inisiatif.

"Kedua mantan TKI itu memberikan inspirasi pada TKI lainnya. Mereka juga memiliki semangat tinggi untuk memperjuangkan perubahan hidup," kata Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Jumhur Hidayat saat membuka acara Indonesia Worker Award 2012 di UI, Kamis (17/1/2013).

Dikatakan dia, para purna TKI itu memberikan inspirasi bagi masyarakat untuk mengurangi tekanan ekonomi nasional yang memaksa WNI menjadi TKI. Melalui pengembangan kewirausahaan TKI purna itu, diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan di dalam negeri.

Rata-rata penempatan TKI di luar negeri mencapai 635.000 per tahun sejak 2006-2011. Jika dilengkapi dengan jumlah remintansi, maka tercatat rata-rata nilai remitansi mencapai Rp60,59 triliun.

"Namun kenyataannya masih sangat sedikit TKI purna yang bersedia mengubah jalur hidup dari seorang pekerja menjadi pemberi kerja. Padahal mereka memiliki modal yang layak," terang Jumhur.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Indonesia Center for Public Policy Stadies (ICPPS) FEUI Nining I Soesilo mengatakan, kategori pertama keberhasilan TKI purna dalam membangun dan membesarkan usahanya yang dibuktikan dengan jumlah karyawan, omset usaha, status legal usaha, dan persepsi karyawan terhadap bos nya.

Sedangkan kategori kedua menekankan pada semangat juang TKI purna dalam meningkatkan harkat, martabat, maupun kesejahteraan diri dan masyarakat sekitarnya. Dibuktikan dengan karya-karya nyata.

"Pemenang kategori pertama jatuh pada Bapak Usep Hermawan, mantan TKI dari Bekasi yang bekerja di Jepang selama dua tahun. Dia memiliki beberapa perusahaan di bidang painting spare part otomotif dan jasa trading," katanya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5692 seconds (0.1#10.140)