Tips PLN agar tidak tersetrum saat banjir

Kamis, 17 Januari 2013 - 16:06 WIB
Tips PLN agar tidak tersetrum saat banjir
Tips PLN agar tidak tersetrum saat banjir
A A A
Sindonews.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) menyampaikan imbauan kepada masyarakat yang tertimpa bencana banjir untuk melakukan hal-hal sebagai berikut demi mencegah sengatan listrik yang dapat membahayakan keselamatan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang terkena banjir untuk memastikan Meter Circuit Breaker (MCB) atau sekering dalam posisi mati," kata Deputi Manager Komunikasi PLN Disjaya, Irwan Darwin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (17/1/2013).

Kemudian, semua peralatan listrik harus dicabut dari stop kontak. "Matikan semua peralatan listrik dengan mencabut kabel dari stop kontak," sambungnya

Lalu, semua peralatan listrik harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum digunakan kembali setelah banjir. "Setelah banjir surut dan keadaan aman, keringkan dengan sempurna peralatan listrik (seperti saklar, stop kontak) yang sempat terendam banjir sebelum digunakan kembali," ujar Irwan.

Irwan juga mengungkapkan, PLN memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir di wilayah Jakarta dan Tangerang seperti Teluk Naga, Bulungan, dan Kampung Melayu.

"Selanjutnya, kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," pungkas dia.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5516 seconds (0.1#10.140)