Bogor kirim air 377 ribu liter perdetik ke Jakarta

Rabu, 16 Januari 2013 - 14:37 WIB
Bogor kirim air 377 ribu liter perdetik ke Jakarta
Bogor kirim air 377 ribu liter perdetik ke Jakarta
A A A
Sindonews.com - Kondisi ketinggian di Bendung Katulampa Bogor terus meningkat, sejak pukul 12.00 WIB hingga pukul 13.30 WIB ketinggian air bertahan dititik 180 centimeter atau siaga dua.

Penjaga Bendungan Katulampa Bogor Andi Sudirman mengatakan, bertahannya ketinggian air di Bendung Katulampa Bogor dikarenakan curah hujan sangat tinggi di kawasan Puncak.

"Sudah hampir dua jam ketinggian di level 180 centimeter," kata Andi kepada wartawan di Bendung Katuampa Bogor, Rabu (16/1/2013).

Menurut Andi, dengan ketinggian tersebut, maka debit air yang dikirim ke Jakarta sebanyak 377 ribu liter perdetik. "Ini menambah banjir di Jakarta," pungas Andi.

Sebelumnya, air di Bandung Katulampa sempat turun menjadi 70 centimeter dan naik menjadi 170 centimeter. Tingginya curah hujan di kawasan Puncak Bogor menambah debit air menjadi 180 centimeter.

Diperkirakan, ketinggian air di Bendung Katulampa akan terus naik. Hal itu berarti, kiriman air dari Bogor ke Jakarta akan bertambah besar, dan banjir yang melanda kawasan ibu kota akan semakin tinggi.

Seperti diketahui, sebagian besar kawasan Jakarta sudah terendam banjir. Bahkan sejumlah jalan utama di ibu kota sudah tidak bisa dilalui, karena ketinggian air ada telah mencapai hingga 100 centimeter.

Jika hujan di kawasan Bogor terus terjadi, dan ketinggian air di Bendung Katulampa kembali naik, Jakarta terancam tenggelam. Bagi warga yang rumahnya banjir tapi belum mengungsi, diminta segera mengungsi dan menyelamatkan barang berharganya yang bisa dibawa.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mencatat, kawasan Jakarta yang terendam banjir akibat meluapnya Sungai Ciliwung dan sungai lainnya ada sekira 50 kelurahan. “Sebanyak 6.101 jiwa mengungsi ke tempat pengungsian yang telah disiapkan,” terangnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5627 seconds (0.1#10.140)