Banjir Jakarta makin meluas, 50 kelurahan terendam banjir

Rabu, 16 Januari 2013 - 07:10 WIB
Banjir Jakarta makin meluas, 50 kelurahan terendam banjir
Banjir Jakarta makin meluas, 50 kelurahan terendam banjir
A A A
Sindonews.com – Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hujan yang terus turun di wilayah Bogor dan sekitarnya, mengakibatkan sejumlah wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya terendam banjir.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, daerah yang terendam banjir akibat meluapnya Sungai Ciliwung dan sungai lainnya di wilayah Jakarta terus bertambah. Hingga Selasa (15/1) pukul 20.00 Wib, data sementara terdapat 50 kelurahan terendam banjir.

“Sebanyak 6.101 jiwa mengungsi ke tempat pengungsian yang telah disiapkan,” kata Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Selasa (15/1/2013).

Dalam rilisnya Sutopo menjelaskan, banjir sudah merendam sejumlah wilayah, diantaranya Jakarta Timur daerah yang terendam banjir adalah Kecamatan Jatinegara yang meliputi Kelurahan Bidara Cina dan Kampung Melayu, Kecamatan Kramat Jati meliputi Kelurahan Cawang dan Cililitan.

Di Jakarta Selatan, banjir menggenangi Kecamatan Tebet meliputi Kelurahan Bukit Duri dan Kebon Baru, Kecamatan Pancoran meliputi Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pasar Minggu Kelurahan Pejaten Timur dan Cilandak Timur, Kecamatan Kebayoran Lama meliputi Kelurahan Pondok Pinang dan Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Pesanggrahan Kelurahan Petukangan Selatan, Bintaro, Ulujami dan Cipulir, Kecamatan Cilandak meliputi Kelurahan Cilandak Barat dan Kelurahan Pondok Labu, Kec Kebayoran Baru meliputi Kelurahan Petogogan dan Kecamatan Jagakarsa meliputi Kel Tanjung Barat.

“Di Jakarta Pusat banjir di 3 kelurahan, Kelurahan Galur, Kecamatan Johar Baru, lalu di Kelurahan Petamburan Kec Tanah Abang serta di Kelurahan Cideng Kecamatam Gambir,” terangnya.

Untuk wilayah Jakarta Barat, banjir terjadi di Kecamatan Kebon Jeruk meliputi Kelurahan Kedoya Utara, Duri Kepa dan Sukabumi Selatan, Kecamatan Kembangan meliputi Kelurahan Kembangan Utara, Joglo dan Meruya, Kecamatan Grogol Petamburan meliputi Kelurahan Grogol, Tomang, Tanjung Duren Selatan, Tanjung Duren Utara, Jelambar, Jelambar Baru, dan Wijaya Kusuma, Kecamatan Cengkareng meliputi Kelurahan Kapuk, Cengkareng Timur, Duri Kosambi, Cengkareng Barat, Kedaung Kaliangke dan Rawa Buaya.

“Jakarta Utara, banjir terjadi di Kecamatan Kelapa Gading meliputi Kelurahan Kepala Gading Timur dan Pegangsaan Dua, Kecamatan Tanjung Priok Kelurahan Tanjung Priok, Sunter Agung dan Kebon Bawang, Kecamatan Pademangan meliputi Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Penjaringan meliputi Kelurahan Penjaringan, Pejagalan, Kamal Muara, Kapuk Muara dan Pluit,” paparnya lagi.

Ia memperkirakan, wilayah yang terendam banjir akan bertambah karena pendataan masih terus dilakukan. Pengungsi terbanyak terdapat di Kelurahan Durikosambi 2.645 orang, yang ditempatkan di markas karang taruna dan Terminal Bus Transjakarta.

“Di Kelurahan Rawa Buaya terdapat pengungsi 2.102 orang. Kelurahan lain yang terendam banjir, Kelurahan Bidaracina sebanyak 214 orang,” ungkapnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5384 seconds (0.1#10.140)