Cagub independen perbaiki sistem Pilgub

Selasa, 19 Juni 2012 - 18:16 WIB
Cagub independen perbaiki sistem Pilgub
Cagub independen perbaiki sistem Pilgub
A A A
Sindonews.com - Kandidat calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta dari jalur independen mewarnai Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI periode ini.

Menurut pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Andrinof Chaniago kehadiran cagub dari independen cukup baik dalam upaya memperbaiki kelakuan partai politik (parpol) sekaligus sistem Pilgubnya.

“Dengan independen ini maka secara ekonomi politik, biaya politik akan dikoreksi. Biaya politik yang mahal dalam penyelanggaraan pemilu atau pemulikada bisa dikoreksi melalui independen," ujarnya dalam diskusi bertema "Mencari Calon Pilihan Rakyat, Antara Independen dan Partai Politik" di Kampus UI Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (19/6/2012).

Namun demikian, cagub harus memperhatikan hasil survei termasuk survei tentang elektabilitas kandidat Pilgub untuk mengetahui kriteria pemimpin yang diinginkan masyarakat.

“Itu survei soal kriteria harus dilihat. Kriteria utama yang diinginkan masyarakat dalam memilih pemimpin biasanya pertama karakter, orangnya jujur dan bisa dipercaya. Kalau ingin mengusung independen, perhatikan kriteria utama orang pilih pemimpin. Popularitas saja tidak cukup,” tuturnya.

Andrinof melihat salah seorang cagub DKI Jakarta dari jalur independen, Faisal Basri sebagai sosok yang jujur dan punya integritas kuat sebagai pemimpin.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5027 seconds (0.1#10.140)