Sarang burung walet Rp300 juta dimusnahkan

Rabu, 13 Juni 2012 - 16:35 WIB
Sarang burung walet Rp300 juta dimusnahkan
Sarang burung walet Rp300 juta dimusnahkan
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 20 kilogram sarang burung walet senilai Rp300 juta dimusnahkan petugas Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Selain itu, petugas juga memusnahkan 13 item bibit tanaman yang terindikasi membawa penyakit atau bakteri, hewan mati dan makanan olahan senilai Rp1 miliar.

"Untuk sarang burung walet sekitar 20 kilogram kita musnahkan, karena tidak dilengkapi dokumen. Untuk tumbuhan ada 13 item dan 9 jenis hewan serta berbagai makanan olahan," ujar Kepala Balai Karantina Bandara Soekarno-Hatta, Musyaffak Fauzi, kepada wartawan, di Tangerang, Rabu (13/6/2012).

Jenis makanan olahan yang ikut dimusnahkan, diantaranya adalah sosis sayap bebek, ceker ayam, daging babi, susu olahan, baso, dendeng sapi, abon bebek, dan telor bebek.

Untuk hewan yang ikut dimusnahkan, terdiri dari burung murai, ayam Filipina, burung kenari, burung love bird, anak anjing, burung mrit, burung jalak, dan burung merpati balap yang sudah mati.

"Hewan-hewan ini dibawa tak hanya dari luar negeri, tapi juga dari dalam negeri seperti Jakarta dan Medan. Sementara untuk makanan olahan lebih banyak dibawa dari China, dan Hongkong," tegasnya.

Cara pemusnahannya adalah dengan memasukkan bibit tanaman, hewan mati serta makanan olahan ke dalam tungku pembakaran khusus. Semua sitaan ini adalah sitaan tiga bulan terakhir. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6725 seconds (0.1#10.140)