Datangi KPU, penyandang cacat tuntut hak pilih

Selasa, 22 Mei 2012 - 20:08 WIB
Datangi KPU, penyandang cacat tuntut hak pilih
Datangi KPU, penyandang cacat tuntut hak pilih
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta kedatangan tamu dari warga DKI Jakarta penyandang cacat. Mereka meminta diakomodir pada saat pemungutan Pemilihan Gubernur (Pilgub) nanti.

Kedatangan mereka sekira pukul 16.00 WIB itu diterima oleh perwakilan KPU DKI Jakarta yang juga selaku Ketua Pokja Sosialisasi dan Pemungutan Suara, Sumarno. Mereka pun melakukan diskusi di ruang rapat KPU DKI Jakarta.

Menurut perwakilan penyandang cacat, Hepi Sendayang, kedatangan pihaknya ke kantor KPU DKI Jakarta itu agar para penyandang cacat diakomodir dalam Pilgub DKI Jakarta periode 2012-2017 ini.

"Dari tahun-tahun sebelumnya sih sudah diakomodir," ujarnya kepada wartawan di kantor KPU DKI Jakarta, Jalan Budi Kemuliaan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (22/5/2012).

Sementara itu, Sumarno mengatakan pihak penyandang cacat menyampaikan masukan kepada pihaknya dalam penyelenggaran Pilkada, terutama dalam memfasilitasi penyandang cacat seperti penggunaan hak pilih.

"Seperti juga perlunya ada template di dalam sebagai pengganti surat suara bagi para tuna netra. Kemudian tempat pemilihan suara itu bisa terjangkau bagi mereka yang pakai kursi roda dan sebagainya. Ada juga pendampingan khusus bagi mereka yang kesulitan menggunakan hak suara. Ya permintaan mereka dilibatkan dalam proses sosialisasi penyelengaraan bagi para penyandang cacat," ujarnya kepada wartawan di kantornya.

Dirinya pun mengaku siap mengakomodir para penyandang cacat yang terdaftar sebagai pemilih di Pilkada DKI Jakarta ini.

"Setiap TPS akan diberi itu, pendamping penyandang cacat. Kami sudah mempunyai data berapa pemilih yang menyandang cacat, di dalam pemuktahiran data pemilih kan ada keterangannya. Tapi belum tahu berapa datanya," pungkasnya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7317 seconds (0.1#10.140)