Tujuan reformasi perlu diperkuat

Selasa, 22 Mei 2012 - 08:58 WIB
Tujuan reformasi perlu diperkuat
Tujuan reformasi perlu diperkuat
A A A
Sindonews.com - Gerakan reformasi dianggap berhasil karena menjadi pintu masuk dalam menciptakan negara yang berdemokrasi. Namun, dibalik kesuksesan itu, masih ada tiga hal yang dinilai mengancam demokrasi dan memanfaatkan sistem demokrasi untuk kepentingan melanggengkan kekuasaan oleh kelompok atau golongan tertentu.

Mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Adnan Buyung Nasution tidak menampik Era Reformasi yang dimulai pada 1998 dan kini sudah berumur 14 tahun itu telah menjadi jalan pembuka masa transisi Indonesia menuju demokrasi.

“Sejauh ini proyek reformasi tercatat sudah berhasil menjalankan agenda-agenda penting yang substansial salah satunya amendemen konstitusi yang berhasil memasukkan pasal-pasal HAM dan melakukan pembenahan penting terhadap sistem ketatanegaraan,” ungkap Adnan dalam diskusi publik perayaan HUT Ke-32 Petisi 50 bertajuk “Apakah Reformasi Kelanjutan Orde Baru” di Jakarta akhir pekan lalu.

Menurut advokat senior ini, usia reformasi yang terbilang masih muda harus tetap diwaspadai dan diperkuat tujuannya. Diduga terdapat upaya tarikmenarik antara kelompokkelompok progresif dengan kelompokkelompok konservatif.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6973 seconds (0.1#10.140)