Tim SAR perlihatkan black box Sukhoi

Rabu, 16 Mei 2012 - 09:30 WIB
Tim SAR perlihatkan black box Sukhoi
Tim SAR perlihatkan black box Sukhoi
A A A
Sindonews.com - Tim Search and Rescue (SAR) berhasil menemukan black box alias kotak hitam pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Black box tersebut saat ini dipamerkan di lapangan sepakbola Sekolah Menengah Pertama 1 Cijeruk yang telah disulap menjadi landasan sementara helikopter.

Black box tersebut dijaga oleh Tim SAR yang terdiri dari Kopassus, Paskhas, dan Basarnas. Seorang aparat yang menjaga mengatakan akan ada siaran pers ihwal penemuan black box Sukhoi, pukul 12.00 WIB.

"Nanti akan ada pernyataan dari Basarnas dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)," kata dia, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat, Rabu, (16/5/2012).

Kotak hitam itu ditemukan oleh Tim SAR pukul 21.00 WIB, Selasa 15 Mei 2012. Keberadaan kotak tersebut menjadi penting sebab bisa mengetahui musabab kecelakaan sebuah pesawat.

Seperti diketahui, Tim SAR akhirnya berhasil menemukan kotak hitam atau black boxpesawat Sukhoi Superjet (SSJ) 100 yang jatuh di Gunung Salak,Kabupaten Bogor, Rabu 9 Mei.

Kunci pengungkap penyebab kecelakaan pesawat ini ditemukan empat anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNIAngkatan Darat bersama personel Federasi Panjat Tebing Indonesia di tebing sedalam 200 meter. Kepastian ditemukannya black box dikonfirmasi Komandan Korem 061/Suryakancana Kol Inf AM Putranto.Dia mengaku mendapat informasi penemuan pada pukul 21.00 WIB.

Menurut dia, tim Baret Merah berhasil mengambil kotak hitam dengan cara menggunakan tali (rafling). Hal itu dilakukan mengingat kemiringan lokasi yang mencapai 85 derajat.

” Kotak hitam ditemukan sudah dalam keadaan terbakar. Bahkan kotak pelindung yang berwarna oranye sudah hilang sehingga warnanya menghitam karena terbakar,” ujarnya kepada wartawan. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4292 seconds (0.1#10.140)