Identifikasi black box Sukhoi wewenang Indonesia

Minggu, 13 Mei 2012 - 15:58 WIB
Identifikasi black box Sukhoi wewenang Indonesia
Identifikasi black box Sukhoi wewenang Indonesia
A A A
Sindonews.com - Pencarian black box atau kotak hitam dari pesawat Sukhoi Superjet (SSJ) 100 yang menabrak tebing di Gunung Salak, Jawa Barat, terus dilakukan. Black Box saat ini benda yang paling di buru keberadaannya oleh karena itu wewenang identifikasi black box ada di Indonesia bukan Rusia

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), M. Jusuf Kalla mengatakan bahwa apabila black box Sukhoi Superjet 100 yang mengalami kecelakaan di Gunung Salak ditemukan, maka harus diperiksa di Indonesia karena menyangkut kepentingan nasional.

"Harus diidentifikasi di Indonesia, karena menyangkut kepentingan nasional, dan korbannya dari Indonesia, namun pesawat dari Rusia. Tentunya masing-masing negara ingin mengetahui apa yang terjadi sebenarnya," kata saat berada di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (13/5/2012).

Ia mengatakan bahwa tragedi yang menimpa pesawat buatan Rusia itu merupakan kepentingan nasional dan juga internasional, namun memang masih ada kendala.

"Saya pikir kendalanya medan dan alam saja, untuk keahlian dan peralatan semua sudah cukup," katanya.

Kalla mengemukakan, adanya bantuan dari Rusia tentu saja bisa diterima, namun harus tetap di bawah komando Badan Search and Rescue/SAR Nasional (Basarnas), karena lokasi kejadian di Indonesia, dan jangan sampai bertentangan dengan kepentingan nasional.

"Pihak Rusia ada di Indonesia, maka harus di bawah komando kita," ujarnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4789 seconds (0.1#10.140)