Dukungan ormas & LSM terhadap Foke diragukan

Minggu, 06 Mei 2012 - 07:21 WIB
Dukungan ormas & LSM terhadap Foke diragukan
Dukungan ormas & LSM terhadap Foke diragukan
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 137 organisasi masyarakat (ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) menyatakan dukungannya terhadap pasangan bakal calon gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke) - Nachrowi Ramli (Nara).

Dukungan tersebut diharapkan bisa memenangkan calon incumbent ini dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017 yang akan digelar pada Juli mendatang. Bahkan dukungan ini diharapkan dapat memenangi Foke-Nara dalam satu putaran.

Namun, Koordinator LSM Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahuddin mengaku ragu ada sejumlah LSM yang menyatakan dukungannya terhadap kandidat di Pilgub DKI Jakarta.

‎â€<"Saya ragu ada LSM yang menyatakan dukungan kepada cagub. Civil Society Organization (CSO) tidak dilahirkan untuk partisan," ujarnya kepada Sindonews melalui pesan singkat, Sabtu (5/5/2012).

Dia menegaskan, LSM atau CSO harus bersandar pada idealisme, bukan pragmatisme. "Sebaiknya sebut saja nama-nama LSM itu agar publik tahu siapa mereka itu. Sebagai aktivis LSM saya terkejut dengan pernyataan itu. Memalukan,"imbuhnya.

Tak hanya itu, ia pun menduga, ratusan LSM yang di klaim sebagai tim sukses (timses) Foke itu adalah LSM bentukan atau plat merah. "Saya percaya para pegiat LSM di Jakarta masih memiliki idealisme dan non partisan," tuturnya.

Ditambahkannya, saat ini adalah era transparansi dimana segala sesuatunya memerlukan pembuktian dan bukan sebatas klaim semata.

"Jadi, menyebut nama-nama LSM itu saya kira penting agar tidak mucul kecurigaan publik terhadap para pegiat LSM yang masih murni berjuang untuk perbaikan sistem dan berpihak pada kepentingan rakyat. Bukan kepentingan kelompok atau penguasa," ucapnyasnya.

Sekadar diketahui ratusan ormas dan LSM pada Sabtu, 5 April 2012 di Hotel Sahid Jakarta mendeklarasikan dukungannya kepada Foke-Nara untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta mendatang.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6790 seconds (0.1#10.140)