Ansory : Buruh tidak boleh didzolimi

Selasa, 01 Mei 2012 - 14:29 WIB
Ansory : Buruh tidak boleh didzolimi
Ansory : Buruh tidak boleh didzolimi
A A A
Sindonews.com - Anggota Komisi IX DPR Republik Indonesia dari Fraksi PKS, Ansory Siregar turut hadir di tengah-tengah puluhan ribu buruh yang berunjuk rasa di depan Istana Kepresidenan.

Ansory yang menggunakan kemeja putih rapih itu pun ikut berorasi diatas mobil komando Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI). "Jaminan sosial bagi buruh, harga mati," teriak Ansory dalam orasinya di depan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (1/5/2012).

Tak hanya itu, dirinya pun mendesak pemerintah RI untuk memberikan upah yang layak bagi kaum buruh di Indonesia. "Selama ini, UMR-UMR itu tidak layak. Kalau tidak layak, harus ditingkatkan. Buruh tidak boleh didzolimi," tambahnya.

Sekedar diketahui, sejumlah organisasi buruh yang tergabung dalam MPBI diantaranya yakni KSPSI, KSBI dan KSPI, FSP TSK, FSBI, GSPMII, OPSI, FSP LEM, FSP FARKES, FS Pewarta dan SPIN.

Dalam aksi unjuk rasa ini, MPBI mendesak kepada presiden RI untuk memperhatikan secara serius enam tuntutan buruh Indonesia. Ke enam tuntutan MPBI itu adalah menjalankan jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat per 1 Januari 2014 (Termasuk para guru, honorer, kontrak) berhak membiayai jaminan kesehatannya seumur hidup melalui penerima bantuan.

Kedua, menjalankan jaminan pensiun wajib untuk buruh per tanggal 1 Juli 2015. Tuntutan MPBI yang ketiga adalah menolak kebijakan upah murah dengan merevisi permenakertrans No.17 Tahun 2005 tentang Kebutuhan hidup layak, termasuk upah guru yang harus diberikan upah layak, yang dananya diambil dari APBN atau APBD.

Keempat, hapuskan sistem outsourcing tenaga kerja yang bersifat eksploitatis. Kelima, berikan subsidi buruh dan keluarganya melalui APBN atau APBD (Subsidi perumahan, subsidi pendidikan, subsidi kesehatan dan subsidi transportasi). Tuntutan ke enam, jadikan 1 Mei sebagai hari buruh dan libur nasional. (wbs)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8381 seconds (0.1#10.140)