Buruh Depok siap serbu Jakarta

Senin, 30 April 2012 - 14:37 WIB
Buruh Depok siap serbu Jakarta
Buruh Depok siap serbu Jakarta
A A A
Sindonews.com - Polres Depok mengerahkan kekuatan dua pertiga untuk pengamanan menyambut peringatan Hari Buruh Internasional atau yang lebih dikenal dengan Mayday. Namun, buruh di Depok umumnya tidak menggelar unjuk rasa di Depok tetapi bergabung dengan burus Se-Jabodetabek di Jakarta.

Kabagops Polres Depok Kompol Suratno mengatakan pihaknya hanya akan mengawal dan mengantar buruh untuk berunjuk rasa ke Jakarta. Namun ada pula buruh Panasonic di Depok yang menggelar aksi damai seperti penanaman pohon.

"Jadi umumnya mereka ke Jakarta, di Depok tak ada yang berunjuk rasa terkait Mayday, kita hanya mengantar para pendemo dari Depok ke Jakarta, tapi sebagian buruh seperti Panasonic 1500 buruh akan lakukan penanaman pohon, aksi damai," tuturnya kepada wartawan, Senin (30/04/12).

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Depok Sugino mengatakan mereka akan berkumpul besok pagi sekira pukul 08.00 WIB untuk berangkat ke Jakarta. Ia menyebutkan sedikitnya terdapat 1500 buruh akan berangkat ke Jakarta.

"Kita akan kerahkan sekitar 1500 buruh, ke Gelora Bung Karno (GBK) dan istana, berangkat sekitar pukul 08.00 start di Jalan Juanda dan Jalan Raya Bogor," paparnya.

Tuntutan langganan dari tahun ke tahun yakni menghapus sistem kerja kontrak atau outsourcing. Serta jaminan kesehatan bagi para buruh.

"Tuntutan hapuskan outsourcing, gaji sesuai UMK, pelaksanaan Jaminan Kesehatan, serta masih banyak perusahaan yang melarang berdirinya serikat buruh di perusahaan, kalau pun ada, banyak penekanan intervensi oleh perusahaan," tandasnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6699 seconds (0.1#10.140)