Foke diduga lakukan politik uang

Kamis, 26 April 2012 - 11:52 WIB
Foke diduga lakukan politik uang
Foke diduga lakukan politik uang
A A A
Sindonews.com - Koordinator Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahudin, menuturkan, dugaan paktek politik uang oleh bakal calon Gubernur DKI Jakarta semakin marak. Kali ini, kata Said, praktek tidak terpuji itu diduga dilakukan oleh bakal calon Gubernur incumbent Fauzi Bowo atau akrab disapa Foke.

"Dikabarkan, pada Minggu (22/4/2012) lalu, Fauzi Bowo menghadiri sebuah acara keagamaan di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Pada acara itu, Fauzi menjanjikan atau memberikan 4 paket perjalanan umrah kepada peserta dengan cara diundi,"ujarnya dalam keterangan persnya kepada Sindonews, Kamis (26/4/2012).

Masalahnya, lanjut Said, pertama janji atau pemberian doorprize itu dilontarkan dalam sambutan yang pada bagian lainnya juga menyebutkan tentang niatan Fauzi Bowo untuk kembali memimpin Jakarta.

"Kuat dugaan, pemberian itu dimaksudkan untuk mempengaruhi pilihan calon pemilih. Karena, sebagai masyarakat terdidik, publik Jakarta tentu paham maksud dibalik pesan yang hendak disampaikan oleh Gubernur yang sedang menjabat itu,"tambahnya.

Kedua, sambung dia, pemberian hadiah yang jika dikonversi dalam bentuk uang bernilai puluhan juta rupiah itu, tidak jelas sumber pendanaannya. "Apakah dirogoh dari kocek Fauzi Bowo pribadi, ataukah diambil dari dana APBD,"imbuhnya.

Terkait indikasi politik uang tersebut, sambung dia, pihaknya telah menyampaikan laporan kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Provinsi DKI Jakarta, agar segera memanggil yang bersangkutan untuk dimintai klarifikasi.

"Konteks kehadiran Fauzi Bowo pada acara itu juga perlu diperjelas. Apakah sebagai seorang bakal calon Gubernur ataukah sebagai Gubernur DKI Jakarta. Mengingat, terdapat pembagian uang non tunai pada acara tersebut," pungkasnya. (wbs)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7518 seconds (0.1#10.140)