Ada dua kali debat kandidat Cagub & Cawagub

Jum'at, 20 April 2012 - 16:47 WIB
Ada dua kali debat kandidat Cagub & Cawagub
Ada dua kali debat kandidat Cagub & Cawagub
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan menyelenggarakan debat calon kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Akan tetapi, hal itu akan dilakukan setelah penetapan calon Gubernur dan Wakil Gubernur nantinya. Pasalnya, sampai saat ini enam kandidat masih berstatus bakal calon.

"Biasanya di hari-hari terakhir diadakannya,"ujar Ketua KPU DKI Jakarta, Dahliah Umar kepada wartawan dikantornya, jalan Budi Kemulyaan, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (20/4/2012).

Dikatakannya, semua pasangan Cagub dan Cawagub harus mengikuti debat kandidat tersebut. Karena, hal itu salah satu bagian persyaratan. Dikatakannya, debat cagub dan cawagud itu akan dilaksanakan secara dua kali. Akan tetapi, pihaknya belum menentukan kapan pastinya.

"Saya tidak tahu apakah satu kali acara debat diputaran pertama atau yang kedua kalinya di putaran kedua, atau bagaimana," tutur wanita penyuka musik SKA itu.

Untuk panelis dalam debat kandidat cagub dan cawagub DKI Jakarta nantinya, sambung dia, bukan dari internal KPU DKI Jakarta. Melainkan dari para ahli yang sangat mengerti sejumlah permasalahan di DKI Jakarta. Karena, kata dia, para ahli lah yang mengetahui sejumlah permasalahan di DKI Jakarta. Panelis akan ditentukan oleh pihak KPU DKI Jakarta.

"Supaya panelis tidak dipengaruhi oleh pasangan calon, dan supaya tak ada rekayasa dalam debat kandidat nanti,"ucap wanita kelahiran Jakarta 1 Oktober 1976 itu.

Untuk sejumlah pertanyaan dari panelis kepada para pasangan Cagub dan Cawagub dibuat oleh tiap panelis. Pihaknya pun belum menentukan berapa panelis untuk acara debat kandidat yang akan disiarkan secara langsung itu. Yang pasti, kata dia, lebih dari seorang panelis.

Lebih lanjut ia menuturkan, gunanya debat kandidat tersebut adalah agar warga DKI Jakarta bisa mengetahui calon-calon yang akan memimpin DKI Jakarta periode 2012-2017 ini.

"Pasangan calon harus mengusahakan menarik perhatian publik saat debat pasangan calon. Karena publik akan melihat visi misi mereka dan sejauh mana mereka mampu mengutarakan ide-ide untuk menangani permasalahan Jakarta, ketika ditanya panelis," jelasnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6963 seconds (0.1#10.140)