Permudah identifikasi, Polri luncurkan Inafis Card

Selasa, 17 April 2012 - 12:59 WIB
Permudah identifikasi, Polri luncurkan Inafis Card
Permudah identifikasi, Polri luncurkan Inafis Card
A A A
Sindonews.com - Sebagai solusi identifikasi cepat dan akurat dalam berbagai hal, terutama dalam pengungkapan kasus orang tewas, pihak kepolisian menerbitkan Inafis Card (Kartu Sidik Jari). Hari ini, kartu tersebut resmi di lauching Mabes Polri ke masyarakat.

"Hari ini kita launching inafis card, itu adalah bagian dari identifikasi penduduk Indonesia secara keseluruhan. Tadi saya sampaikan bahwa kita berharap seluruh penduduk Indonesia sudah terdaftarkan dalam server komputer dan terpusatkan di negara," ujar Kabareskrim Mabes Polri KomjenPol Sutarman kepada wartawan di Mapolrestro Jakarta Selatan, Selasa (17/4/2012).

Sutarman menjelaskan, penerbitan karu inafis ini tidak akan berbenturan dengan program e-KTP yang telah lebih dahulu berjalan. "Kita ada punya identifikasi inafis, sidik jari yang dimiliki oleh kita tetap di satupadukan dengan e-ktp yang sekarang di bangun," jelasnya lagi.

Lebih rinci lagi, Sutarman menjelaskan perihal informasi apa saja yang termut dalam Inafis Card tersebut. "Memberikan satu masukan agar identifikasi seseorang itu tidak hanya memuat nama tempat tanggal lahir dan lain sebagainya, foto, tapi sidik jarinya juga masuk. Kemudian nomor kendaraannya masuk, nomor BPKB masuk, nomor sertifikat rumah masuk, nomor acount di bank masuk, seluruhnya masuk dan pendataan masuk," terangnya.

Sayangnya loket pembuatan Inafis Card ini masih terbatas, sehingga masyarakat masih harus menunggu bila ingin membuat kartu tersebut.

"Kalau sekarang kita miliki sangat terbatas. kita sudah membangun 41 titik di beberapa daerah provinsi. Kemudian yang kita bangun ini, mungkin juga akan dibuat 41 titik lagi dalam setiap tahun. Tapi kalau kita bisa menjangkau sampai polsek itu bukan main," tutupnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4987 seconds (0.1#10.140)