DPT Amburadul picu tingginya Golput

Senin, 16 April 2012 - 18:59 WIB
DPT Amburadul picu tingginya Golput
DPT Amburadul picu tingginya Golput
A A A
Sindonews.com - Ketua Pokja Pendataan Pemilih pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta, Aminullah mengatakan bahwa pembuatan Daftar Pemilihan Tetap (DPT) yang tak valid atau berantakan bisa memicu tingginya jumlah warga yang golput dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada bulan Juli mendatang.

"Kalau DPT amburadul, maka potensi orang untuk golput itu tinggi, karena orang tidak percaya dengan penyelenggara," ujar Aminullah dalam acara diskusi pengawasan pemutakhiran data pemilih dan antisipasi Golput di Hotel Grand Menteng, Matraman, Jakarta Timur, Senin (16/4/2012).

Lebih lanjut Aminullah mengatakan, apabila masyarakat sudah tidak percaya dengan penyelenggara pemilu, maka berimbas pada tingkat kepercayaan terhadap hasil pemilu. Bahkan, masyarakat bisa menilai hasil pemilu telah dimanipulasi.

"Kalau dia sudah tak percaya sama penyelenggara, nanti jangan-jangan hasil pemilunya juga dimanipulasi oleh penyelenggara," tambahnya.

Ia menilai proses pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada DKI Jakarta 2012 berjalan lebih baik. Disamping itu, kata dia, masyarakat Jakarta juga bisa mengakses langsung data pemilih tetap. "Dari awal, prosesnya dilakukan dengan transparan dengan sepengetahuan Panwaslu dan tim kampanye masing-masing pasangan calon gubernur," imbuhnya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6444 seconds (0.1#10.140)