Katedral dan Istiqlal lambang kerukunan agama

Jum'at, 06 April 2012 - 12:46 WIB
Katedral dan Istiqlal lambang kerukunan agama
Katedral dan Istiqlal lambang kerukunan agama
A A A
Sindonews.com - Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral letaknya hampir berdekatan. Kedua tempat ibadah ini hanya terpisah Jalan Protokol.

Namun demikian, kedua bagunan ini tak pernah menimbulkan persoalan. Bahkan, bisa dibilang lambang kerukunan antarumat beragama di Indonesia.

Kepala Humas Gereja Katedral Graece Tanus menuturkan, pihaknya memang sering bekerjasama dengan Masjid Istiqlal, terutama saat memperingati hari besar seperti sekarang ini.

"Hampir lebih dari 20 tahun kami selalu mengadakan kerjasama terutama saat seperti ini, mempertingati hari raya," tuturnya di Gereja Katedral di Jalan Katedral Sawahbaru, Jakarta Pusat Jumat (6/4/2012)

Kerjasama yang dimaksud Graece adalah tempat parkir. Saat peringatan seperti ini, para jemaat memarkirkan kendaraannya di area parkir Masjid Istiqlal, begitu sebaliknya jika Idul Fitri atau Idul Adha kendaraan diparkir di area parkir Gereja Katedral.

"Karena tempat ibadah kami ini saling berhadapan, dan kami saling menghargai, menjaga dan menghormati satu sama lain, dan ini kerukunannya sangat terlihat," ucapnya.

Sementara dari pantauan Sindonews, acara Paskah telah berlangsung. Diawali dengan ibadah Jumat Agung sebagai penghormatan Wafatnya Yesus Kristus.

"Pagi tadi, kami telah melakukan perjalanan salib. Sebuah perenungan kembali peristiwa mulai Yesus yang ditangkap sampai dengan penyalibannya," tutur Graece. (lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5729 seconds (0.1#10.140)
pixels