Pekan ini Jakarta berpotensi banjir

Rabu, 04 April 2012 - 11:10 WIB
Pekan ini Jakarta berpotensi banjir
Pekan ini Jakarta berpotensi banjir
A A A
Sindonews.com - Curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi selama dua hari belakangan, Senin 2 April hingga Selasa 3 April, menyebabkan banjir di sebagian wilayah Jakarta.
Kali Pesanggrahan, Kali Angke, dan Kali Krukut meluap, sehingga wilayah di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Tangerang tergenang banjir dengan ketinggian mencapai 1,5 meter. Sedangkan sebagian masyarakat terendam akibat luapan Kali Ciliwung.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada Sindonews melalui pesan elektroniknya menyampaikan, di Jakarta Timur banjir terjadi di Kecamatan Pasar Rebo (Kelurahan Kali Sari, Kelurahan Cijantung) dan Kecamatan Jatinegara (Kelurahan Kampung Melayu).

Di Jakarta Selatan terjadi di Kecamatan Pesanggrahan (Kelurahan Cipedak dan Kelurahan Ulujami), Kecamatan Kebayoran Baru (Kelurahan Petogogan).

"Tidak ada korban jiwa dari banjir tersebut. Namun Ratusan rumah terendam banjir, sebagian masyarakat mengungsi dan kemacetan parah terjadi di beberapa tempat," terangnya.

Di Kecamatan Pesanggrahan dan Kebayoran baru, terang Sutopo, terdapat 6 RW yang terendam dengan pengungsi 850 jiwa karena tergenang banjir 30-150 cm.

Sementara di wilayah Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, wilayah terkena banjir RW 01, RW 02, RW 03, RW 04, RW 05, RW 07, warga terdampak 1.068 KK dengan ketinggian genangan 20-100 cm.

Menurut Sutopo, banjir yang terjadi pada daerah-daerah tersebut disebabkan oleh sempitnya alur dan lebar sungai. Saat ini lebar sungai hanya berkisar 5 meter, bahkan ada yang hanya 3 meter, padahal minimal idealnya 15 meter. Tidak aneh jika daerah-daerah tersebut rentan banjir.

Sutopo juga menjelaskan, posko banjir dan tempat pengungsian untuk mengantisipasi banjir sejak kemarin pagi sudah disediakan di aula berkapasitas 500 jiwa dan beberapa tenda. BPBD Provinsi DKI Jakarta bersama Sudinkes dan Dinas Suku Dinas PU Jaktim sudah siap di lokasi. Sudinsos menyediakan 250 paket nasi boks.

"Potensi banjir masih dapat terjadi. Berdasarkan prakiraan BMKG, hingga 3 hari ke depan wilayah Jakarta akan masih diguyur hujan dengan intensitas ringan, sedang dan lebat. Daerah-daerah yang terendam banjir saat ini diharapkan tetap meningkatkan kesiapsiagaan," terangnya lagi.

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6404 seconds (0.1#10.140)