Jokowi persempit peluang incumbent

Selasa, 03 April 2012 - 18:31 WIB
Jokowi persempit peluang incumbent
Jokowi persempit peluang incumbent
A A A
Sindonews.com - Masuknya Joko Widodo (Jokowi) dalam nominasi kepala daerah terbaik versi The City Mayors Foundation bisa menjadi ancaman kubu lawan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta.

Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti mengatakan, kabar baik soal Jokowi dapat memperkecil peluang lawan untuk mendapatkan suara dalam Pilgub yang digelar Juli mendatang.

"Oh ya, tentu menjadi ancaman rivalnya. Makanya itu yang saya sebut sebagai bahan kampanye yang sangat elegan. Yang kena sih bukan masyarakat menengah ke bawah. Yang kena dari kampanye ini adalah masyarakat menengah ke atas," Ray yang juga pengamat politik ini kepada Sindonews ditemui di Kedai Kopi Bhinneka, Jalan Cikini Jakarta Pusat, Selasa (3/4/2012).

Calon incumbent, Fauzi Bowo (Foke) yang selama ini dinilai memiliki kans lebih besar, bisa-bisa menjadi kecil peluangnya karena Jokowi.

"Saya mengatakan, Foke akan makin kelihatan kecil bila dibandingkan Jokowi itu. Karena, sejauh ini saya tidak pernah mendengar Foke punya alternatif, apalagi soal Pilkada DKI ini. Nah ini yang kena dia (Foke)," tuturnya.

Jadi, masuknya Jokowi sebagai nominator kepala daerah terbaik itu jadi modal bagi wali kota Solo itu.

Sekedar diketahui, ada tiga kepala daerah di Indonesia masuk dalam daftar kandidat World Mayor Prize 2012. Mereka adalah Wali Kota Surakarta Joko Widodo (Jokowi), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma), dan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo.

Daftar kandidat tiga kepala daerah itu diumumkan The City Mayors Foundation. Dalam daftar tersebut juga terdapat 15 wali kota dari Amerika Utara, 12 dari Amerika Latin, 24 dari Eropa, 17 dari Asia (tiga dari Australia), dan enam wali kota dari Afrika. Amerika Serikat (AS) memiliki kandidat terbanyak jika dibandingkan negara lain.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5490 seconds (0.1#10.140)