Jokowi diakui dunia harus diapresiasi

Selasa, 03 April 2012 - 12:06 WIB
Jokowi diakui dunia harus diapresiasi
Jokowi diakui dunia harus diapresiasi
A A A
Sindonews.com - Tiga kepala daerah di Indonesia yang masuk dalam daftar kandidat World Mayor Prize 2012 sudah sepatutnya diapresiasi. Karena, kinerja mereka sebagai kepala daerah diakui oleh dunia.

"Saya kira kalau melihat rekam jejak Jokowi selama menjadi Wali Kota Solo sudah tepat jika dia diapresiasi oleh beragam kalangan, dan kini dunia mengakuinya," ujar Pengamat politik dari Universitasi Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto, dalam pesan singkatnya kepada Sindonews, Selasa (3/4/2012).

Namun menurut Gun Gun, penghargaan itu tidak selalu dipandang sama oleh banyak orang. Karena masih banyak variabel untuk mengukur kesuksesan seorang pejabat publik dari performa organisasional, personal, sosial, politis dan enkulturasi.

"Bisa saja bagi lawan Jokowi di Pilgub DKI, penghargaan ini dianggap sebagai bagian dari proses marketing politik dengan cara menghadirkan citra positif Jokowi di momentum yang pas. Tapi, bagi saya bukan itu yang penting, Jokowi dan 2 pejabat lain dari Indonesia masuk nominasi itu harus kita apresiasi," ujarnya

Jadi sah-sah saja menominasikan sejumlah kepala daerah yang memiliki performa bagus dalam berbagai forum atau award yang sifatnya mengapresiasikan kinerja. Namun dia berharap lembaga yang menominasikan itu merupakan lembaga yang kredibel dan punya kapasitas untuk itu.

Seperti diketahui, tiga kepala daerah di Indonesia masuk dalam daftar kandidat World Mayor Prize 2012. Mereka adalah Wali Kota Surakarta Joko Widodo (Jokowi), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma), dan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo.

Daftar kandidat itu diumumkan The City Mayors Foundation. Dalam daftar tersebut terdapat 15 wali kota dari Amerika Utara, 12 dari Amerika Latin, 24 dari Eropa, 17 dari Asia (tiga dari Australia), dan enam wali kota dari Afrika. Amerika Serikat (AS) memiliki kandidat terbanyak jika dibandingkan negara lain.

Sejumlah nama terkenal yang masuk daftar itu adalah Wali Kota Boston Thomas Menino. "Sejumlah nominasi untuk wali kota terbaik masih diterima hingga pertengahan Mei mendatang," ungkap pernyataan The City Mayors Foundation. (wbs)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5941 seconds (0.1#10.140)