Calon independen ancaman bagi parpol

Sabtu, 10 Maret 2012 - 09:28 WIB
Calon independen ancaman bagi parpol
Calon independen ancaman bagi parpol
A A A
Sindonews.com - Sekitar separuh dari berkas dukungan masyarakat untuk pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dari jalur independen Basri-Biem Benjamin dianggap gugur dalam proses verifikasi faktual.

Banyaknya dukungan untuk Faisal-Biem yang gugur dalam verifikasi faktual itu, dikarenakan warga pendukung Faisal-Biem tak bertemu dengan petugas Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) saat disambangi kerumah masing-masing maupun diundang KPUD. Mengingat, karena kesibukan masing-masing pendukung.

Menanggapi hal itu, Pengamat Hukum, Firman Wijaya mengatakan, hal tersebut perlu ditanggapi serius. "Kalau ada pandangan persoalan ini harus digiring ke administrasi, saya justru melihat tokoh independen sebagai ancaman bagi yang lain," ujarnya saat diskusi 'Selamatkan Hak Konstitusi Warga Jakarta untuk Calon Independen' yang digelar Jaringan Masyarakat Independen (Jamin) di Rumah makan Ayam Goreng Suharti, Jalan Kapten Tendean, No 13, Jakarta Selatan, Jumat (9/3/2012).

Dikatakannya, kalau memang pengguguran data dukungan calon Independen itu dalam verifikasi faktual dilakukan secara sistematis oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta, hal ini berarti sebagai kejahatan pemilu.

Dia pun melihat tahapan verifikasi faktual bagi calon independen itu justru mempersulit sejumlah bakal calon dari jalur independen. "Kalau sudah begitu, ini tidak bisa ditoleransi hukum administrasi, tapi ini kejahatan hukum pemilu," ungkapnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5065 seconds (0.1#10.140)