Widjojo Nitisastro tutup usia

Jum'at, 09 Maret 2012 - 10:22 WIB
Widjojo Nitisastro tutup usia
Widjojo Nitisastro tutup usia
A A A
Sindonews.com - Mantan Ketua Badan Perencanaa Pembangunan Nasional (Bappenas) Widjojo Nitisastro yang juga mantan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional serta Menteri Ekonomi Keuangan dan Industri (Ekuin) dini hari tadi, tutup usia. Pria dikenal sebagai begawan ekonomi Indonesia meninggal dunia pada usia 84 tahun.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan melayat usai shalat Jumat siang ini di Gedung Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat tempat almarhum akan disemayamkan.

"Rombongan akan melayat setelah melaksanakan shalat Jumat nanti," jelas Kepala Biro Pers Kepresidenan, DJ Nachrowi di Istana Negara Jakarta, Jumat (9/3/2012). Widjojo meninggal saat dalam perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Saat ini jenazah masih disemayamkan dikediamanya Bukit Golf Utama PE 3 Pondok Indah. Rencananya jenazah akan dibawa ke Masjid Sunda Kelapa dan usai salat Jumat akan disemayamkan di Gedung Bappenas. Jenazah Widjojo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Widjojo lahir 23 September 1927. Meraih gelar sarjana dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI). Widjojo mendapat kesempatan untuk berkuliah di University of California at Berkeley atas beasiswa dari Ford Foundation.

Dia pernah mengajar di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (SESKOAD). Kemudian menjadi Ketua Tim Penasihat Ekonomi Presiden di usia 39 tahun. Setelah menjadi Ketua Bappenas, pada 1971 hingga 1973 Widjojo diangkat menjadi Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional.

Kemudian secara berturut-turut, dari tahun 1973 hingga 1983, ia menjabat sebagai menteri Ekuin merangkap Ketua Bappenas.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0088 seconds (0.1#10.140)