Waspadai modus curanmor tukar plat nomor

Rabu, 15 Februari 2012 - 17:23 WIB
Waspadai modus curanmor tukar plat nomor
Waspadai modus curanmor tukar plat nomor
A A A
Sindonews.com - Pencurian kendaraan bermotor dengan menukar nomor plat patut diwaspadai. Modus yang dulu pernah marak ini diyakini muncul lagi.

"Itu modus lama ya, makanya sekarang tempat parkir professional dilengkapi dengan kamera," terang kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto kepada sindonews, ketika ditemui di ruangannya, Rabu 15 Februari 2012.

Pada kesempatan wawancarnya bersama sindonews, Rikwanto juga mengimbau agar pengendara motor yang akan memasuki areal parkir agar membuka kaca, sehingga kamera di tempat pengambilan karcis dapat merekam wajah pemilik kendaraan. Sehingga diharapkan petugas parkir dapat mengenali pemilik kendaraan asli.

Seperti diinformasikan Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, pelaku pencurian motor modus ini biasanya datang ke mal dengan membawa plat nomor berikut Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli.

Mereka biasanya beraksi dengan jumlah lebih dari dua orang untuk mengawasi, karena mereka butuh waktu saat menukar pelat nomor. Semula kawanan ini akan mencari sepeda motor tipe yang sama dengan STNK asli yang dibawa.

Biasanya sepeda motor yang diincar letaknya memang agak jauh dari loket pembayaran atau bagian yang jauh dari pengawasan petugas. Setelah menemukan motor yang sesuai, pelaku akan menukar pelat nomor yang terpasang dengan pelat nomor yang sudah disiapkan.

Setelah terpasang, pelaku dengan santai keluar areal parkir karena motor yang ditumpanginya telah sesuai dengan STNK asli.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6255 seconds (0.1#10.140)