SBY minta pengusaha perhatikan kesejahteraan buruh

Jum'at, 03 Februari 2012 - 18:11 WIB
SBY minta pengusaha perhatikan kesejahteraan buruh
SBY minta pengusaha perhatikan kesejahteraan buruh
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta para pemilik usaha dari kalangan Tionghoa untuk memperhatikan kesejahteraan kaum buruh.

"Sekali lagi saya mengajak saudara-saudara untuk memberikan penghargaan kepada para buruh dengan mengedepankan sisi keadilan," ujar Presiden dalam pidatonya di Perayaan Tahun Baru Imlek 2563 di Jakarta Convention Centre Senayan, Jakarta, Jumat (3/2/2012).

Pada kesempatan itu Presiden mengklaim bahwa perekonomian dalam negeri saat ini terus membaik dan dunia usaha juga terus tumbuh. Hal ini sebaiknya diikuti pula oleh kesejahteraan para buruh. "Saya berharap kalangan dunia usaha dapat menyesuaikan upah buruh sesuai dengan kemampuan dan skala perusahaan saudara," terangnya.

Menurutnya, tidak adil bila perusahaan mengalami peningkatan keuntungan, sementara buruh tidak sejahtera. "Kita perlu mengedepankan rasa keadilan. Alangkah tidak adilnya, jika perusahaan terus meningkat dengan keuntungan berlipat, tetapi para buruhnya tidak meningkat kesejahteraan dan penghasilannya," papar Presiden.

Presiden mengingatkan agar para pemilik perusahaan meningkatkan kesejahteraan, tidak harus menunggu adanya tuntutan dari buruh. "Kita tidak boleh hanya menunggu para buruh harus terus menerus menuntut keadilan. Kita harus arif dan sadar memikirkan taraf hidup mereka. Mari kita cari solusi terbaik, agar kehidupan para buruh lebih sejahtera, dan kalangan dunia usaha juga dapat terus tumbuh dan berkembang," paparnya.

Lanjutnya, Presiden berharap para buruh tidak perlu melakukan tindakan yang mengganggu kepentingan masyarakat luas dalam menyampaikan aspirasi. "Salurkan aspirasi saudara-saudara secara tertib dan damai," tutupnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9283 seconds (0.1#10.140)
pixels