Demo buruh, tol Jakarta-Cikampek macet parah

Jum'at, 27 Januari 2012 - 11:39 WIB
Demo buruh, tol Jakarta-Cikampek macet parah
Demo buruh, tol Jakarta-Cikampek macet parah
A A A
Sindonews.com - Hinga siang ini buruh di kota Bekaksi masih memblokade jalan dalam aksinya menolak putusan PTUN Bandung yang memenangkan gugatan Apindo soal UMR. Berdasarkan pantauan Sindonews, sebagian buruh sudah memblokade pintu keluar tol Cikarang Barat, sehingga jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kemacetan panjang hingga puluhan kilometer.

Dalam aksinya, Jumat (27/1/2012), buruh menantang Presiden SBY bisa mencabut keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung. "Buruh sangup menurunkan Presiden," pekiknya.

Tak cuma itu, para buruh juga meminta Gubernur Jawa Barat, Bupati Bekasi jika memang masih berpihak kepada buruh segera meminta kepada seluruh perusahaan yang berada di Bekasi segera menetapkan Upah Minimum Kota (UMK).

Selain menutup akses pintu tol, buruh juga sempat melakukan sweeping terhadap pabrik-pabrik untuk mengajak para karyawan yang masih bekerja ikut berunjuk rasa. Sempat terjadi keributan antara buruh yang melakukan sweeping dengan satpam pabrik lantaran pintu gerbang tidak dibuka.

Sebelumnya, Ribuan buruh yang berasal dari gerakan Serikat Buruh Independen Bekasi melakukan aksi unjuk rasa dengan memblokir jalan di jantung kawasan industri Lippo Cikarang. Aksi ini dilakukan sebagai aksi solidaritas buruh yang hingga kini belum ada kejelasan terkait kenaikan upah minimum kabupaten (umk) yang belum disetujui pihak Apindo. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6949 seconds (0.1#10.140)