Jakarta hujan lebat, hati-hati angin kencang

Rabu, 25 Januari 2012 - 10:05 WIB
Jakarta hujan lebat, hati-hati angin kencang
Jakarta hujan lebat, hati-hati angin kencang
A A A
Sindonews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan adanya hujan dan angin kencang terjadi di wilayah Jabodetabek hari ini. Warga Jakarta juga diimbau untuk tanggap jika sewaktu-waktu banjir datang.

Dalam informasi yang disampaikan dalam situsnya, hujan dan angin kencang itu terjadi mulai pukul 02.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB. Kemudian pada pagi ini hujan juga kembali melanda di sebagian besar wilayah Jakarta.

Kepala Subbidang Informasi BMKG Harry Tirto Djatmiko mengatakan saat ini BMKG mendata ada sekitar 32 wilayah di Jakarta yang rawan banjir tinggi. “Sesuai prediksi BMKG, hujan tinggi dan berpotensi banjir pada Januari dan Februari,” kata Harry kepada Sindonews, Rabu (25/1/2012).

Dia mengatakan hari ini kawasan Jabodetabek mengalami hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat. “Hari ini lebih intensif, artinya intensitasnya lebih meningkat, dari yang lalu,” ujar Harry.

Untuk mengetahui cuaca harian dan mingguan, BMKG selalu melakukan update setiap hari dan setiap minggu.

Dia menegaskan, puncak hujan bisa saja mengguyur Jakarta lebih dari dua jam per harinya bahkan lebih. Hujan dengan intensitas tinggi bisa menghasilkan volume air 300 mm hingga di atas 400 mm per bulannya.

"Bukan hanya curah hujan yang lebat, bahkan hujan intensitas bisa mencapai dua jam lebih," ucapnya tegas.

Diakui Harry, warga Jakarta saat ini terkesan sudah biasa menghadapi banjir. Namun BMKG meminta untuk tahun ini warga harus lebih tanggap jika sewaktu-waktu hujan datang dengan curah yang sangat tinggi. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3446 seconds (0.1#10.140)