Berserikat, karyawan Alfamart diskorsing

Kamis, 19 Januari 2012 - 17:24 WIB
Berserikat, karyawan Alfamart diskorsing
Berserikat, karyawan Alfamart diskorsing
A A A
Sindonews.com - Ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Serikat Buruh Tangerang Raya, melakukan aksi protes di depan kantor pusat Alfamart, Jalan MH Thamrin, Cikokol, Kota Tangerang.

Dalam aksinya, buruh meminta pihak perusahaan mencabut skorsing terhadap tiga orang karyawan Alfamart yang ikut berserikat.

Aksi yang digelar siang ini sempat membuat kemacetan panjang dijalan MH Thamrin, Cikokol Kota Tangerang. Kemacetan terjadi hingga mencapai 2 kilometer mulai Jalan Sudirman.

"Aksi ini merupakan bentuk solidaritas kami terhadap kawan-kawan yang hak berserikatnya dikebiri pihak perusahaan. Kami harus ikut memperjuangkan hak ini demi kemerdekaan buruh dalam berserikat," kata Wawan, salah seorang peserta aksi di Tangerang, Kamis (19/1/2012).

Berdasarkan data yang dihimpun, karyawan yang mendapatkan skors adalah Hartami, Dandri dan Sofyan. Ketiganya diduga mendapatkan skorsing karena ikut berserikat dan bergabung dengan Aliansi Serikat Buruh Tangerang Raya.

Sempat terjadi ketegangan antara para demostran dengan pihak manajemen, aksi dorong di depan pintu gerbang pun tak dapat terelakkan. Akhirnya disepakati perwakilan buruh bertemu dengan pihak manajeman dan membuahkan penghentian skorsing pada ketiganya.

Jati Sasongko, HRD PT Sumber Alfaria Trijaya tbk mengatakan, ketiga karyawannya diskors karena melakukan indisipliner, seperti menolak perintah atasan. Bukan karena ikut berserikat. "Tidak benar itu, mereka diskors karena mereka melanggar disiplin," tegasnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5375 seconds (0.1#10.140)