Warga Muara Baru terbebas banjir

Senin, 16 Januari 2012 - 18:40 WIB
Warga Muara Baru terbebas  banjir
Warga Muara Baru terbebas banjir
A A A
Sindonews.com - Ruas jalanan di kawasan Muara Baru sejak dua tahun ini terlihat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dulu, sebelum dibangun Bendungan Pluit dan gorong-gorong, tiap tiba musim penghujan dengan intensitas dan curah yang tinggi, air pasang selalu mengaliri badan jalan. Akibatnya, banjir tak terhindarkan.

"Sejak dibangun bendungan itu, sekarang sudah tidak ada banjir lagi," tutur Saripudin salah saatu warga Muara Baru kepada Sindonews, Senin (16/1/2012).

Jikapun ada lokasi yang masih terendam air akibat rob, hanya beberapa tempat di dekat pelelangan ikan. Itu pun, jika air pasang sangat tinggi.

Diakui Saripudin, beberapa tahun yang lalu, tiap air laut pasang, mengalir ke badan jalan-jalan lalu masuk ke dalam rumah penduduk. Bahkan ketinggiannya pernah mencapai tiga meter. Selain bendungan, peran gorong-gorong yang dibangun di sepanjang jalan Raya Muara Baru sejak tahun 2009 lalu cukup bermanfaat.

Air limpahan rob yang biasanya menggenangi badan jalan lasung ditampung gorong-gorong itu lalu dialirkan ke Kali Gendong.

Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta juga telah memiliki pompa penanggulannya banjir rob. Pompa itu dimanfaatkan untuk menyedot tumpahan air laut yang kemudian menyalurkan air itu kebendungan. (lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7570 seconds (0.1#10.140)