Sambut 2012, Ancol melakukan inovasi

Kamis, 05 Januari 2012 - 20:07 WIB
Sambut 2012, Ancol melakukan inovasi
Sambut 2012, Ancol melakukan inovasi
A A A
Sindonews.com - Memasuki tahun 2012, Ancol sebagai kawasan wisata sudah merencanakan pembangunan dengan inovasi-inovasi terbaru.

Menurut Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan penyegaran inovasi ini diharapkan kawasan Ancol menjadi destinasi wisata modern dan terlengkap. Tidak hanya sebagai tempat wisata tradisional, Ancol akan menjadi destinasi wisata konvensi atau lebih dikenal meeting, incentive, conference and exhibition (MICE).

Dirinya menambahkan bisnis MICE akan menjadi andalan Ancol di tahun ini. Karena berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, kebutuhan terhadap layanan MICE di dalam negeri meningkat pesat seiring dengan pertumbuhan perusahaan Indonesia yang kian cemerlang dengan iklim perekonomian nasional yang semakin kondusif, dan pasarnya terus berkembang tidak hanya di dalam negeri.

"Kalau kita tidak melakukan inovasi kita akan ditinggalkan pengunjung makanya kita melakukan inovasi setiap tahunnya," ujarnya.

Untuk mendukung bisnis ini, Budi melanjutkan, Ancol akan mengembangkan sejumlah fasilitas bisnis MICE di 3 lokasi. Lokasi pertama yakni Candi Bentar di komplek Puteri Duyung Cottage. Dimana pembangunan untuk fasilitas Candi bentar seluas 2.000 meter persegi dan mempunyai daya tampung sampai 4.500 orang sudah berlangsung sejak tahun lalu, dan direncanakan sudah bisa dioperasikan pada bulan pertama tahun ini.

"Seluruh function roomnya dapat diseting untuk berbagai acara, seminar, lokakarya, hingga wedding party dengan gaya reception style," imbuh Budi.

Lokasi kedua adalah Multipurpose Hall seluas 4.200 meter persegi Ocean Ecopark Ancol Taman Impian yang pembangunannya akan dijadwalkan mulai 2013. Lokasi ketiga yakni auditorium berstandar internasional berkapasitas 18.000 pengunjung dan akan menjadi yang terbesar di Asia tenggara, beroperasi pada pertengahan 2012. Lokasi Ancol Beach City, kawasan timur Ancol.

Selain mengembangkan fasilitas MICE, ditambahkannya, tahun ini Ancol juga akan memperkuat posisi Ocean Echopark seluas 34 ha sebagai sarana rekreasi dengan konsep edutainment dan adventure.

"Wahana-wahana yang sudah berjalan akan kita lengkapi dan dipercantik, selain itu juga kita membangun konsep baru yakni Ancol Beach City di areal seluas 4 hektare kawasan pantai karnaval dengan fasilitas pusat hiburan. wisata kuliner termasuk Museum Madame Tussauds seluas 3.000 meter persegi dan Ancol Promenade," ungkapnya.

Lain halnya dengan kawasan pertokoan yang dirombak menjadi semacam trotoar dengan lebar 8 meter yang membentang sepanjang 1,5 Km sepanjang bibir pantai. "Hal ini untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung dalam melakukan berbagai aktivitas green life style seperti berjalan kaki, bersepeda dan lainnya," tukasnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8173 seconds (0.1#10.140)