Perbaikan Jalan Perancis Tangerang Terhenti, Warga Kembali Protes

Rabu, 08 April 2020 - 16:15 WIB
Perbaikan Jalan Perancis Tangerang Terhenti, Warga Kembali Protes
Perbaikan Jalan Perancis Tangerang Terhenti, Warga Kembali Protes
A A A
TANGERANG - Progres perbaikan Jalan Kali Perancis, Kota Tangerang terhenti, padahal Pemerintah Kota Tangerang telah menjanjikan pada 8 Maret 2020 perbaikan segera dilakukan. Warga yang awalnya senang kembali gusar lantaran jalan makin bertambah rusak.

Jalan Perancis di Kota Tangerang sering mengalami kerusakan seperti pada November 2010, warga bernama Sutopo yang tinggal di Jatimulya, Tangerang, menulis surat pembaca agar Pemkot Tangerang segera memperbaiki, namun tidak direspons.

Pada Februari dan Maret 2020, warganet juga protes atas parahnya kerusakan Jalan Perancis kemudian viral di media sosial dengan hashtag #pemkottangerangkemana dan #pemkottangerangkasihjalan. (Baca juga: Pemkab Tangerang Tak Kunjung Perbaiki Jalan Perancis)

Jajat, warga Jalan Perancis mengeluhkan perbaikan yang dilakukan Dinas PUPR Kota Tangerang karena tidak tuntas. Perbaikan dinilai hanya seremonial saja setelah ada desakan warga.

"Perbaikan apa, itu cuma jalan (diperbaiki) beberapa hari saja. Lihat sekarang, tidak ada yang berubah. Jalan tetap rusak, lubang di mana-mana," ujar Jajat, Rabu (8/4/2020).

Lurah Dadap Fauzi mengaku tidak pernah dilibatkan dalam koordinasi perbaikan Jalan Kali Perancis sehingga tidak bisa berkomentar banyak terkait perbaikan jalan yang dihentikan tersebut.

"Pak Camat juga belum (pernah) ada koordinasi. Saya tidak pernah dilibatkan, bahkan camat juga sama. Masih sama kayak semula. Coba ke Bapenda atau Bina Marga," katanya.

Kondisi jalan rusak paling parah di wilayah Jati Mulya. Namun, di wilayah Dadap juga jalan sangat parah untuk dilalui para pengguna jalan di wilayah itu.

"Banyak, tapi kayaknya sudah dalam perbaikan kecuali depan Pospol Lama di Jalan Dadap Kamal, parah tuh. Tapi, jalan raya itu tidak masuk Dadap, Dadap cuma ada di sebelah Kali Perancis doang," ujar Fauzi. (Baca juga: Bertahun-tahun Dibiarkan, Jalan Rusak Mirip Empang Ini Segera Diperbaiki)

Jalan Kali Perancis merupakan akses utama dari dan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten. Jalan ini sangat berbahaya untuk dilalui saat malam hari. Puluhan pengendara motor kerap celaka saat melintasi Jalan Perancis.

Jalan Perancis memiliki panjang 7 kilometer dimana 2,2 kilometer berada di Kota Tangerang dan sebagian besar mengalami kerusakan. Sementara, Jalan Perancis di Kabupaten Tangerang kondisinya relatif lebih baik.

Padahal, besaran APBD dua daerah itu hampir sama yakni Rp5,16 triliun untuk Kota Tangerang dan Rp 5,7 triliun untuk Kabupaten Tangerang.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1055 seconds (10.177#12.26)