Lewat Alpukat Betawi, Dukcapil Jaktim Tetap Beri Layanan Publik

Rabu, 08 April 2020 - 08:14 WIB
Lewat Alpukat Betawi, Dukcapil Jaktim Tetap Beri Layanan Publik
Lewat Alpukat Betawi, Dukcapil Jaktim Tetap Beri Layanan Publik
A A A
JAKARTA - Sebanyak 21.174 warga Jakarta Timur telah mengakses aplikasi Alpukat Betawi di tengah wabah virus Corona atau Covid-19 . Alpukat Betawi sendiri merupakan layanan online yang ditujukan untuk mempermudah warga dalam mengurus administrasi kependudukan.

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Timur , Nurrahman mengatakan, melalui aplikasi Alpukat Betawi masyarakat tidak perlu repot datang ke loket-loket kelurahan untuk mengurus keperluan administrasi kependudukan. Pasalnya, lewat aplikasi online ini, proses pengurusan dapat menjadi lebih cepat dan efisien.

"Pengurusan sudah lebih cepat hanya 1 jam atau maksimal 1×24 jam. Tapi yang paling penting yakni masyarakat dapat mengecek langsung data mereka dan memastikan apakah data tersebut sudah benar atau belum," ujar Nurrahman saat dihubungi SINDOnews, Rabu (8/4/2020). (Baca juga: DKI Tiadakan Pelayanan Publik Tatap Muka Sementara Selama 2 Pekan )

Menurut Nurrahman, selain menyediakan layanan online melalui aplikasi Alpukat Betawi, saat ini pihaknya juga membuka layanan melalui nomor telepon yang bisa diakses masyarakat melalui WhatsApp di nomor 081388590204.

"Jadi ketika ada pengajuan permohonan, warga bisa mengajukan ke nomor WhatsApp kami dengan melapirkan berkas, kemudian kami tindak lanjuti," kata Nurrahman. (Baca juga: Layanan Tatap Muka Dukcapil Ditutup, Warga DKI Bisa Akses Aplikasi Alpukat Betawi )
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5115 seconds (0.1#10.140)