Bangun Jalan saat Pandemi Corona, TNI: Kami Hadir untuk Rakyat juga Tak Lupa Jaga Kesehatan

Selasa, 31 Maret 2020 - 01:00 WIB
Bangun Jalan saat Pandemi Corona, TNI: Kami Hadir untuk Rakyat juga Tak Lupa Jaga Kesehatan
Bangun Jalan saat Pandemi Corona, TNI: Kami Hadir untuk Rakyat juga Tak Lupa Jaga Kesehatan
A A A
DEPOK - Salah satu profesi yang masih beraktivitas di tengah pandemi Covid-19 adalah prajurit TNI. Mereka memenuhi tugas negara, namun tetap mengedepankan standard operational procedure (SOP) dalam beraktivitas. Misalnya, melakukan olahraga rutin, penggunaan masker, pengecekan kesehatan, serta pemberian suplemen.

Itu dimaksudkan agar para prajurit tetap sehat dalam menjalankan tugas pengabdian yang telah diamanatkan negara. Seperti terlihat pada kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 107 Kodim 0508/Depok. Prajurit tetap mengedepankan SOP kesehatan di tengah kegiatan mereka melakukan pekerjaan fisik berupa pengerasan jalan, drainase, dan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH).

Salah satu sasaran pekerjaan fisik ada di Jalan H Amin, Kalibaru, Cilodong, Depok. Prajurit saling bahu membahu mengerjakan pengecoran jalan. (Baca juga: Darurat Corona, TNI Punya Kewajiban Bantu Instansi Lain lewat Operasi Militer)

"Kami melakukan TMMD dengan sejumlah sasaran yang telah ditentukan. Tentunya kami mengedepankan kesehatan anggota yang harus selalu dijaga. Setiap pagi kami mulai dengan olahraga kemudian pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin. Kami juga melengkapi prajurit dengan masker," ujar Dan Satgas TMMD 107 Kodim 0508/Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj, Senin (30/3/2020).

Dia mengakui tetap berkegiatan di tengah pandemi memang bukan hal mudah. Karena itu, dia membekali prajurit dengan SOP yang sudah ditentukan sehingga kesehatan terjaga dan target pekerjaan dapat tercapai dengan baik.

"Kami hadir untuk rakyat dan kami memberikan yang terbaik untuk rakyat di tengah situasi yang terjadi saat ini. Tapi, kami juga tidak lupa menjaga kesehatan dengan protap yang sudah ada," ucapnya.

Dari ratusan prajurit yang tergabung dalam TMMD 107, ada satu prajurit yang terlihat sangat bersemangat bekerja. Dia adalah Sersan SatuSpenyel Kandipi dari Satuan Denzipur 3/ATD Kodam Jaya. (Baca juga: TNI AD Sebut Deteksi lewat Rapid Test Efektif Cegah Penyebaran Corona)

"Ya memang ada suka dukanya saya dan teman-teman di tengah situasi saat ini. Tapi, saya sebagai prajurit akan tetap menjalankan perintah dari pemerintah. Apapun yang terjadi sudah risiko," tuturnya.

Pria yang berasal dari Papua itu mengatakan, dalam hati kecilnya merasa khawatir soal pandemi ini. Namun, dia meyakini standar pengecekan kesehatan yang dilakukan membuat dia dan teman-temannya aman dan terlindungi.

"Kita antisipasi misalnya sebelum dan sesudah berkegiatan langsung cuci tangan, mau makan juga. Kita saling jaga jarak antar teman dan yang rutin kita lakukan adalah olahraga tiap pagi dan siang," ujarnya. (Baca juga: KSAD: TNI AD Siapkan 812 Tempat Tidur untuk Penderita Corona)

Bahkan, Dan Satgas TMMD 107 Kodim 0508/Depok selalu ikut memantau pengecekan kesehatan prajurit. Bekerja di tengah situasi seperti ini juga diakui bukan hal mudah karena dia harus melengkapi diri dengan peralatan khusus seperti masker. Tentunya kondisi ini berbeda dengan situasi normal.

"Bagi kami prajurit TNI adalah mengabdi pada negara. Kami tetap bekerja dalam kondisi apapun," kata Spenyel.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3897 seconds (0.1#10.140)