Lawan Covid-19, Mal dan Hotel di Depok Tutup Sementara

Senin, 30 Maret 2020 - 14:49 WIB
Lawan Covid-19, Mal dan Hotel di Depok Tutup Sementara
Lawan Covid-19, Mal dan Hotel di Depok Tutup Sementara
A A A
DEPOK - Di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 sejumlah pusat perbelanjaan di Depok , Jawa Barat, memilih tutup sementara. Antara lain Depok Town Square (Detos), Margo City, ITC Depok yang ada di kawasan Jalan Margonda. Sedangkan di wilayah lain seperti perbatasan Cibubur-Depok juga tutup yakni Trans Studio Mall (TSM) Cibubur.

Kebijakan tutup sementara tiap mal berbeda-beda. Ada yang sudah tutup sejak 27 Maret seperti Detos dan TSM Cibubur. Namun ada pula yang menyusul seperti Margo City sejak 29 Maret sampai 11 April. Kemudian ITC Depok mulai 30 Maret sampai 13 April 2020.

Marcom Margo City, Shinta Nawang mengatakan, pengelola menutup sementara aktivitas mal sebagai bentuk dukungan pada pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. (Baca Juga: 3 Mal Summarecon Tutup Dua Pekan untuk Cegah Persebaran Corona)

"Merujuk ke resiko penularan Covid-19, sebagai bentuk pencegahan maka Margo City tutup sementara sejak 29 Maret-11 April 2020. Ini sebagai bentuk dukungan kami untuk membantu pemerintah mencegah penyebaran virus," katanya kepada wartawan di Depok, Senin (30/3/2020).

Pengelola hanya membuka tenant dengan jenis pelayanan seperti supermarket, drugs store dan ATM center. Namun jam operasional sejumlah tenant tersebut dibatasi. "Giants, Century, Guardian, Watson dan ATM center tetap buka dengan jam operasional pukul 11.00-19.00 WIB," ucapnya.

Keputusan menutup sementara aktivitas di mal tersebut, kata Shinta, bukan tanpa alasan. Pasalnya pengelola mengedepankan kesehatan pengunjung dan seluruh karyawan. "Kami meminta maaf namun ini dilakukan untuk menjaga kesehatan semua baik pengunjung dan karyawan mal," ucapnya.

Tak hanya pusat perbelanjaan, hotel juga menutup sementara aktivitas bisnisnya. Seperti hotel Savero Depok sejak 25 Maret hingga batas waktu yang belum ditentukan. Pengelola pun mengatakan bahwa penutupan ini untuk menjaga dan melindungi kesehatan dan keselamatan tamu serta karyawan.

"Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk percepatan pemulihan dan memutuskan rantai penyebaran Covid19 sekaligus meningkatkan kualitas higienitas dan kebersihan fasilitas hotel maka ditutup sementara. Kami berharap dapat menyambut tamu kembali dalam waktu dekat," tulis Management Hotel Savero dalam flyer.

Sementara itu, The Margo Hotel (TMH) tetap beroperasi namun dilakukan pembatasan aktivitas. Pengelola hanya diperbolehkan menerima tamu yang menginap. Namun tidak diperbolehkan ada rapat yang berkumpul sejumlah orang. "The Margo hotel masih beroperasional normal, dan tetap mengikuti imbauan pemerintah," kata PR Manager TMH, Kartika Sekartaji.

Secara teknis, pihaknya masih menerima para tamu yang datang untuk menginap. Namun tidak diperbolehkan mengadakan acara besar. "Dilarang mengadakan acara-acara besar. Jadi nggak ada kegiatan yang menggunakan ballroom," ucapnya.

Dikatakan dia, demi menjaga kesehatan pengujung maka pengelola hotel akan meningkatkan standar sanitasi pada seluruh fasilitas hotel. "The Margo Hotel juga meningkatkan sandard sanitasi untuk semua fasilitas tamu," pungkasnya. (Baca Juga: Kabar Baik, Tiga Warga Bekasi Positif Corona Sembuh)
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6943 seconds (0.1#10.140)