Terminal 1B Bandara Soetta Ditutup, Operasional Terminal 1 dan 2 Dibatasi

Sabtu, 28 Maret 2020 - 22:47 WIB
Terminal 1B Bandara Soetta Ditutup, Operasional Terminal 1 dan 2 Dibatasi
Terminal 1B Bandara Soetta Ditutup, Operasional Terminal 1 dan 2 Dibatasi
A A A
TANGERANG - Meluasnya wabah virus Corona membuat pengelola Angkasa Pura (AP) II melakukan pembatasan pengoperasian Terminal 1 dan 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang.


Pembatasan pengoperasian terminal ini mengacu pada SK Menkes RI No HK.01.07/Menkes/104/2020 jo SE Dirjen Perhubungan Udara No.6 Tahun 2020 terkait meluasnya penyebaran wabah Coron, di Indonesia.


Executive General Manager Bandara Soetta, Agus Haryadi mengatakan, pembatasan pengoperasian Terminal 1 dan 2 dilakukan unuk mengoptimalisasi pengendalian alur penumpang domestik dan internasional.


"Tujuan pembatasan operasional ini untuk pencegahan penyebaran Covid-19 melalui pergerakan penumpang, pengunjung dan pekerja di Bandara Soetta," kata Agus melalui pesan elektroniknya, Sabtu (27/3/2020).


Dengan adanya pembatasan operasional ini, maka pelayanan penumpang di Terminal 1 hanya dilakukan di Sub Terminal 1A dan Sub Terminal 1B tidak dioperasikan sementara.


"Ya, untuk pelayanan penumpang di Terminal 1 hanya akan dilakukan di Sub Terminal 1A untuk seluruh rute domestik maskapai Lion Air, Trigana (Pangkalanbun) dan Airfast Indonesia. Sedang Terminal 1B ditutup," sambungnya.


Sementara di Terminal 2, Sub Terminal 2D dan 2E tetap dioperasionalkan. Sedangkan Low-cost carrier Terminal (LCCT) atau Terminal 2F tidak dioperasikan. Penerbangan rute internasional dialihkan ke Terminal 3.


"Penerbangan LCC yang dialihkan dari Terminal 2F (LCCT) akan dilayani di Check-In konter Island E. Meskipun dialihkan ke Terminal 3, Passenger Service Charge (PSC) tidak mengalami perubahan," tambahnya.


Kepada penumpang yang masih datang ke Terminal 2F, pengolala bandara akan menyediakan shuttle bus dan petugas helpdesk di Terminal 2F untuk membantu.


"Maskapai LCC operasionalnya dialihkan dari Terminal 2F ke Terminal 3 antara lain Air Asia Bhd, Indonesia Air Asia, Jet Star Asia, Cebu Pacific, Fly Scoot, Lion Air, Batik Air, Malindo, Thai Lion, dan Citilink," terang Agus.


Pembatasan pengoperasian Terminal 1 dan Terminal 2 ini berlaku sementara, mulai 1 April sampai 29 Mei 2020, dan mengacu pada SK Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor 13.A Tahun 2020.

(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5919 seconds (0.1#10.140)