Masker dan Rajin Cuci Tangan Jadi Kunci Penanganan Banjir di Tengah Corona

Jum'at, 27 Maret 2020 - 14:35 WIB
Masker dan Rajin Cuci Tangan Jadi Kunci Penanganan Banjir di Tengah Corona
Masker dan Rajin Cuci Tangan Jadi Kunci Penanganan Banjir di Tengah Corona
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah menjadi epicentrum wabah virus Corona atau Covid-19 . Kendati demikian, pekerjaan pengendalian genangan masih terus berlanjut.



Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Juaini Yusuf mengatakan, sejumlah penanganan pengendalian genangan terus dikerjakan meski Covid-19 mewabah. Di antaranya, pengerukan dan perbaikan tanggul. Dia juga terus mengingatkan kepada satuan petugas (Satgas) yang berada di lapangan untuk selalu mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.



"Bagi ada yang tidak enak badan atau lelah, saya meminta mereka untuk langsung beristirahat dan ke dokter," kata Juaini saat dihubungi wartawan, Jumat (27/3/2020).



Pria yang akrab disapa Bang Haji ini hampir setiap hari mengelilingi wilayah untuk melihat pengerjaan dan mengingatkan para satgas pentingnya menjaga kesehatan di tengah pengerjaan yang dilakukan. Apalagi beberapa hari belakangan ini, hujan masih mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya.



Sebenarnya, kata dia, dirinya bisa saja kerja di rumah. Tetapi bagi seorang pimpinan, Bang haji merasa memiliki tanggung jawab yang besar apabila ada satgas yang terjangkit positif Covid-19. Dia berharap, hal itu tidak terjadi.



"Satu sisi saya harus memastikan tidak ada genangan saat hujan. Meskipun ada, itu harus segera surut," kata Bang Haji. (Baca Juga: 5 PDP Meninggal, Ratusan Tenaga Medis di Bogor Jalani Rapid Test Covid-19)



Untuk menjaga kekebalan tubuh dalam berkegiatan sehari-hari, Juaini mengaku, saat ini rutin berolahraga setiap pagi sebelum beraktivitas, memperbanyak air putih, asupan bergizi dan pastinya menggunakan masker dan rajin bercuci tangan setiap kelapangan.



"Saat ini di lima wilayah lagi melakukan pengerukan. Mulai waduk, sungai, saluran makro ataupun mikro. Juga perbaikan tanggul sungai dan saluran," katanya. (Baca Juga: Katulampa Siaga 3, BPBD DKI Imbau Warga Bantaran Kali Waspada Banjir)

(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6384 seconds (0.1#10.140)