alexametrics

Katulampa Siaga 3, BPBD DKI Imbau Warga Bantaran Kali Waspada Banjir

loading...
A+ A-
JAKARTA - Hujan yang belum juga berhenti mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya hingga pukul 02.00 WIB, membuat tinggi muka air di Bendung Katulampa, Bogor, mengalami peningkatan TMA 100 cm (cuaca hujan).

"Info disaster early warning system (dews) kepada warga bantaran kali akibat kenaikan tinggi muka air di bendung katulampa, tma 100 cm/hujan (waspada/siaga 3) pada hari rabu, 25 maret 2020, pukul 02.00 WIB," seperti dikutip dari akun Twitter BPBD DKI Jakarta, @BPBDJakarta, Rabu (25/3/2020).

(Baca juga: Pemicunya di Bogor, BNPB: Jakarta Tidak Bisa Menangani Banjir Sendirian)



Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) rapat koordinasi penanganan banjir di Jakarta. Rapat yang digelar di pintu air Manggarai, Minggu (1/3/2020) itu hasilkan kesepakatan yakni pelebaran dan pengerukan kali atau sungai, serta pembebasan lahan bantaran Kali Sunter di Kelurahan Cipinang Muara.

Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah mengatakan, berdasarkan rapat bersama BBWSCC, Ada beberapa langkah antisipasi untuk pencegahan banjir, di antaranya yaitu, pelebaran dan pengerukan kali atau sungai, serta pembebasan lahan bantaran Kali Sunter di Kelurahan Cipinang Muara.

"Kita fokuskan ke sana. Kita bekerja sedang tidak posisi banjir itu artinya pencegahan. Saat terjadi banjir dua-duanya kita kerjakan. Makanya ini sedang dikelola supaya semuanya baik," kata Saefullah di lokasi.

Saefullah mengatakan, peninjauan ke lapangan dilakukan untuk sinkronisasi dan mengecek langsung data yang ada dengan kondisi riil di lapangan. "Kami ingin langkah-langkah yang diperlukan atau dieksekusi bisa betul-betul tepat dan menjadi solusi jangka panjang," ungkapnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top