TMMD ke-107 TNI AD Ajak Masyarakat Mengabdi untuk NKRI

Jum'at, 13 Maret 2020 - 01:09 WIB
TMMD ke-107 TNI AD Ajak Masyarakat Mengabdi untuk NKRI
TMMD ke-107 TNI AD Ajak Masyarakat Mengabdi untuk NKRI
A A A
DEPOK - Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok akan menggelar program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 Kota Depok di Kecamatan Cilodong. TMMD ke-107 digelar selama 30 hari sejak 16 Maret- 14 April 2020.

Sebagai persiapan, sejumlah stakeholders menghadiri Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD ke-107 Tahun Anggaran 2020 Tingkat Kodam Jaya di Ruang Edelwis, Lantai 5, Balai Kota Depok yang dipimpin langsung Asisten Teritorial (Aster) Kasdam Jaya, Kolonel Inf Jacky Ariestanto.

Tidak hanya itu, Rakornis tersebut juga dihadiri Asisten Hukum dan Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Depok, Wakil Ketua DPRD Kota Depok, dan Pejabat Perangkat Daerah (PD) terkait.

Aster Kasdam Jaya, Kolonel Inf Jacky Ariestanto mengatakan, pelaksanaan TMMD ke-107 ini berdasarkan Surat Telegram Pangdam Jaya Nomor: ST/163/2020 tanggal 29 Januari 2020 tentang perintah menyusun rencana sasaran program terpadu TMMD TA. 2020. Dengan tema besar yang diangkat adalah TMMD Pengabdian untuk Negeri. “Tentu dengan tema ini menggalang masyarakat, bekerja sama bahu-membahu untuk mengabdi pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

Di tempat yang sama, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508/Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj menuturkan, TMMD ke-107 dilakukan dalam dua bentuk kegiatan yaitu pembangunan fisik dan non-fisik. Pelaksanaan akan dilakukan di empat kelurahan yaitu Cilodong, Kalimulya, Kalibaru, dan Jatimulya. "Sejumlah kegiatan akan dilaksanakan pada pembukaan TMMD. Di antaranya kegiatan bakti sosial pengobatan umum bagi 500 warga, pembagian 300 kacamata gratis, bazar murah dengan mendirikan 10 stand, serta pembagian sembako," kata Dandim.

Dia menjelaskan, untuk sasaran pembangunan fisik sendiri akan difokus pada pengerjaan Jalan H. Amin RT 06/04, Kelurahan Kalibaru. Kemudian, pembuatan saluran air di Jalan H. Muhari RT 04 dan RT 03 di RW 01, Kelurahan Jatimulya. "Ada juga rehab empat rumah warga Kecamatan Cilodong. Tiga rumah di Kelurahan Cilodong dan satu rumah di Kelurahan Kalibaru," tuturnya.

Sedangkan kegiatan non-fisik, Kodim Depok akan melakukan penyuluhan wawasan kebangsaan, bela negara, radikalisme, dan kedisiplinan dari Bintal Dam Jaya. Lalu pengetahun undang-undang lalu lintas dan kenakalan remaja dari Polres Metro Depok. Dari perangkat daerah Pemerintah Kota Depok juga akan memberikan pengetahuan kepada masyarakat.

Sementara itu, Asistem Hukum dan Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Depok, Sri Utomo menyambut baik pelaksanaanTMMD ke-107. Melalui kegiatan ini, dapat menyatukan kolaborasi antara tentara dengan masyarakat. "Mari ramai-ramai kita bergotong royong menyukseskan TMMD ke-107. Karena itu, keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan fisik dan non-fisik," kata Sri.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6536 seconds (0.1#10.140)