Rawan Longsor, Warga Khawatir Kondisi Tanah di Bantaran Ciliwung

Selasa, 03 Maret 2020 - 16:19 WIB
Rawan Longsor, Warga Khawatir Kondisi Tanah di Bantaran Ciliwung
Rawan Longsor, Warga Khawatir Kondisi Tanah di Bantaran Ciliwung
A A A
JAKARTA - Warga RT12/RW03 Kelurahan Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur , khawatir dengan kondisi kontur tanah di sekitar permukiman yang rawan longsor . Pasalnya, Jalan Kesatrian X yang menjadi akses warga pun pernah ambles pada 14 Februari 2018 silam.

Ketua RT 12 Heri mengatakan, Jalan Kesatrian X yang berada di pinggir Sungai Ciliwung kerap ambles bila diterjang banjir. Kondisi itu diperparah karena bantaran Sungai Ciliwung belum ada tanggul beton.

"Ya memang belum dipasangan tanggul beton, sheet pile gitu. Kalau yang di sana sudah, itu di dekat pos RW. Di sini jadi rawan longsor, ambles, kalau kali meluap," kata Heri di lokasi, Selasa (3/3/2020).

Warga kian cemas lantaran Jalan Kesatrian X ambles sekitar 40 meter. Sehingga membuat akses jalan warga sekitar tehambat. Menurut dia kejadian ini terus berulang meski pemerintah sudah memperbaiki jalan dengan memasang bronjong kawat dan kayu dolken sebagai penopang jalan yang ambles.

"Waktu 2018 juga di sini kan ambles, terus dikasih bronjong, ini sudah retak lagi. Tapi amblesnya lebih parah yang sekarang," ujar Heri. (Baca Juga: Jalan Ambles Aktivitas Perekonomian Warga Matraman Terganggu
Pantauan SINDOnews di lokasi, jalan itu ambles dengan kedalaman mencapai satu meter dan menimbulkan keretakan di berbagai ruas jalan. Saat ini petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur tengah melakukan perbaikan di sepanjang jalan amblas. Jalan yang amblas akan dipasang bronjong kawat sebagai penopang.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7576 seconds (0.1#10.140)