Tinjau Saluran Air, Ketua DPRD DKI: Luarnya Bagus dalam Hancur

Minggu, 23 Februari 2020 - 20:13 WIB
Tinjau Saluran Air, Ketua DPRD DKI: Luarnya Bagus dalam Hancur
Tinjau Saluran Air, Ketua DPRD DKI: Luarnya Bagus dalam Hancur
A A A
JAKARTA - Hujan yang mengguyur Ibu Kota, Minggu (23/2/2020) dini hari membuat sejumlah wilayah Jakarta terendam banjir . Banjir juga lantaran intensitas hujan di Ibu Kota cukup tinggi.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi meninjau saluran air yang ditenggarai menjadi penyebab banjir di Jakarta. Namun saat melakukan peninjauan ke Jalan Brobudur, Menteng, Jakarta Pusat, dia menemukan satu saluran air yang sulit untuk dibuka. Menurut dia, sulitnya bak kontrol dibuka lantaran katup pembuka terhalang beton revitalisasi trotoar.

Atas dasar itu, dia meminta petugas Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Pusat untuk membuka saluran air tersebut. Memakan waktu hingga 1 jam akhirnya saluran air dapat dibuka dan menemukan banyak sampah dan puing sisaan proyek revitalisasi trotoar.

"Kalau mau lebarin trotoar silahkan lah, tapi jangan sampai menutup bak kontrol yang ada di perumahan-perumahan masyarakat yang ada disekitar Menteng, terjadilah banjir dan efeknya kemana-mana," kata pria yang biasa disapa Pras ini di lokasi, Minggu (23/2/2020).

Terkait dengan temuan tersebut, Pras mengatakan, di Menteng, Jakarta Pusat, masih ada 5 katup bak kontrol yang sulit untuk dibuka. Menurut dia, proyek revitalisasi trotor tersebut tidak ada koordinasi antara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta. Sehingga saat hujan tiba PJLP Sudin SDA Jakarta Pusat sulit untuk menangani air yang memadati gorong-gorong.

"Nah bagaimaana koordinasi antara SKPD Bina Marga dan SDA ini yang engga saya tahu. Tapi hari ini saya melihat betul kejadian. Di situ juga tadi ada bekas puing-puing yang tidak diangkat. Jadi kelihatan luarnya saja bagus, dalamnya hancur. Ini bukannya jadi baik malah merusak," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6317 seconds (0.1#10.140)