Begini Upaya DKI Atasi Kelangkaan Cabai

Selasa, 21 Januari 2020 - 18:08 WIB
Begini Upaya DKI Atasi Kelangkaan Cabai
Begini Upaya DKI Atasi Kelangkaan Cabai
A A A
JAKARTA - Mengatasi kelangkaan cabai dan lonjakan harga sekaligus mempersiapkan permintaan yang tinggi pada Ramadhan dan Idul Fitri 2020, Pemprov DKI Jakarta mempersiapkan strategi matang.

Berbagai langkah dikoordinasikan dengan BUMD antara lain program cabenisasi yaitu penanaman cabai pada lahan-lahan di permukiman, lahan kebun dinas, dan lahan BPP milik Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan DKI. "Kami juga memaksimalkan mesin CAS yang ada di Perumda Pasar Jaya," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan DKI Jakarta Darjamuni, Selasa (21/1/2020).

Selain itu, Perumda Pasar Jaya melakukan kontrak farming dengan Gapoktan di daerah sentra penghasil cabai seperti Blitar, Magelang, Kediri, serta Subang. "Kontrak farming, salah satu upaya untuk memberikan jaminan pemenuhan kebutuhan cabai di Jakarta. Jangka panjang perlu upaya pemasyarakatan konsumsi cabai kering," ujarnya.

Menurut Darjamuni, langkah-langkah di atas adalah solusi mengatasi kelangkaan cabai yang selalu berulang dari tahun ke tahun. "Perumda Pasar Jaya dan para pelaku usaha terus mencari sumber pasokan cabai. Badan Ketahanan Pangan Kementan pun kami libatkan untuk membantu mengamankan cabai di Jakarta," katanya.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3125 seconds (0.1#10.140)