BPTJ: Hasil Kajian, Kota Bogor Layak Dibangun Tram Way

Jum'at, 17 Januari 2020 - 18:35 WIB
BPTJ: Hasil Kajian, Kota Bogor Layak Dibangun Tram Way
BPTJ: Hasil Kajian, Kota Bogor Layak Dibangun Tram Way
A A A
BOGOR - Setelah beberapa kali rapat dan melakukan kajian dengan berbagai pihak, hasilnya Kota Bogor layak dibangun Tram Way (kereta yang memiliki rel khusus di dalam kota).

"Hari ini bersama pak Wakil Wali Kota kita ingin mengetahui dan mendengarkan paparan konsultan terkait feasibility study pembangunan railway di Kota Bogor. Intinya dari hasil kajian pembangunan railway di Kota Bogor sudah layak. Selanjutnya konsultan mengkaji model (keretanya) karena ini proyek KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha)," ungkap Kepala Badan Pengatur Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono di Balai Kota Bogor, Jumat (17/1/2020).

Dalam mempersiapkan penyelenggaraan Tram Way, BPTJ akan mengintegrasikan karena Tram Way tidak bisa berdiri sendiri. "Tram Way akan kita gunakan sebagai feeder (pengumpan), karena itu Tram Way harus terintegrasi dengan moda transportasi lainnya yaitu Light Rail Transit (LRT) dari Cibubur, Jakarta Timur ke Baranangsiang, Kota Bogor," ujarnya.

Baranangsiang memang akan dibangun sebagai terminal terpadu yang terintegrasi dengan moda transportasi lainnya. "Itu tugas BPTJ untuk mengawal pelaksanaan penyelenggaraan transportasi. Soal pembangunan (Tram Way) bisa siapa saja, LRT (Kemenhub dari perkeretaapian), kemudian Baranangsiang itu BPTJ yang melaksanakannya dengan melibatkan BUMN," kata Bambang.

Bahkan, ada wacana pelaksanaan pembangunan transportasi massal ini akan berlanjut ke Puncak, Kabupaten Bogor. "Bukan Tram Way yang berlanjut ke Puncak, tapi angkutan lain berbasis rel juga," tambahnya.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5712 seconds (0.1#10.140)
pixels