Ratusan ASN Bekasi Laksanakan Salat Gerhana Matahari

Kamis, 26 Desember 2019 - 14:14 WIB
Ratusan ASN Bekasi Laksanakan Salat Gerhana Matahari
Ratusan ASN Bekasi Laksanakan Salat Gerhana Matahari
A A A
BEKASI - Ratusan aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Bekasi menggelar salat sunah gerhana matahari (Kusuf) di Masjid Nurul Ikhlas, Kompleks Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Kamis (26/12/2019). Salat gerhana dilaksanakan setelah salat zuhur secara berjamaah.

Dalam salat itu, beberapa pejabat hadir mengikuti salat berjamaah tersebut tanpa khusuk. Sementara bertindak selaku imam dan khatib, yakni Ustaz Ahmad Dede ZM, Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi. Salat gerhana ini berlangsung cepat dan khidmat.

"Salat sunah gerhana berjamaah ini dilaksanakan untuk kita mengagumi kebesaran Allah SWT," ujar Kabag Kesra Kabupaten Bekasi, Beni Yulianto Iskandar kepada wartawan usai salat gerhana matahari berjamaah. Menurut dia, sangatlah disayangkan fenomena alam itu yang datang sesekali itu untuk dilewatkan.

Apalagi, salat sunah gernaha matahari berjamaah merupakan wujud syukur manusia sebagai hamba Allah SWT. "Kita patut bersyukur atas kebesaran Allah SWT. Kita dalam Islam disunahkan salat gerhana. Agar keimanan kita bertambah sebagai umat manusia sebagai hamba Allah, fenomena ini pengingat kita," katanya. (Baca: Puncak Gerhana Matahari Cincin di Jakarta Terjadi Siang Ini)

Gerhana matahari cincin (GMC) menyambangi sejumlah daerah di Indonesia pada Kamis (26/12/2019). Fenomena tersebut terjadi karena hampir semua piringan tengah matahari terhalang oleh piringan bulan. Gerhana matahari cincin akan melintasi tujuh provinsi di Indonesia.

Di antaranya; Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. Rata-rata, puncak GMC di tujuh provinsi itu akan terjadi pada siang hari. Selain Indonesia, BMKG juga menyebut sejumlah negara yang kemungkinan dapat menyaksikan fenomena ini.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6393 seconds (0.1#10.140)