Jelang Gerhana Matahari Cincin, Siang Ini Jakarta Diguyur Hujan

Kamis, 26 Desember 2019 - 08:13 WIB
Jelang Gerhana Matahari Cincin, Siang Ini Jakarta Diguyur Hujan
Jelang Gerhana Matahari Cincin, Siang Ini Jakarta Diguyur Hujan
A A A
JAKARTA - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memeperkirakan siang hingga malam nanti sejumlah wilayah di Jakarta akan diselimuti awan. Hanya beberapa wilayah saja yang akan diguyur hujan ringan.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs BMKG, Kamis (26/12/2019) siang, hampir semua wilayah Jakarta akan diguyur hujan. Hanya wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu saja yang dipayungi awan. (Baca Juga: BMKG Siarkan Live Streaming Gerhana Matahari Cincin Besok)

Sedangkan malam hari, seluruh wilayah Jakarta hanya dipayungi awan dengan suhu dikisaran 24-30 derajat celcius.

Untuk wilayah Depok, Bogor, dan Bekasi, kondisi cuaca juga diperkirakan hampir sama, yakni siang diguyur hujan dan malam hanya berawan. Suhu diperkirakan berkisar 22-33 derajat celcius.

Kemudian di wilayah Tangerang, siang ini akan diguyur hujan ringan dan malam hingga dinihari akan cerah berawan. Suhu dikisaran 24-33 derajat celcius.

Seperti diketahui, siang ini di Indonesia akan terjadi fenomena alam gerhana matahari cincin (GMC). Di Indonesia, GMC akan melintasi 25 kabupaten/kota di 7 Provinsi. Di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, GMC akan melintasi Sinabang, Singkil, Sibolga, Pandan, Tarutung, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua, dan Sibuhuan.

Di Riau dan Kepulauan Riau, akan melintasi Pasir Pengaraian, Dumai, Bengkalis, Siak, Sri Indapura, Selat Panjang, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Batam, dan Bandar Seri Bentan. (Baca Juga: NASA Ingatkan Gerhana Matahari Cincin Bisa Membakar Retina Mata)

Sementara di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara, GMC akan melintas di Mempawah, Singkawang, Sambas, Bengkayang, Putussibau, Tanjung Redeb, dan Tanjung Selor.

Meskipun peristiwa GMC di suatu lokasi dapat diprediksi dengan baik, peristiwa tersebut tidak berulang di lokasi yang sama dalam siklus tertentu. BMKG memprediksi GMC yang selanjutnya akan terjadi pada 21 Mei 2031 dan 14 Oktober 2042.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5961 seconds (0.1#10.140)