Banjir Jakarta, Dinas SDA DKI Pastikan Genangan Langsung Surut

Rabu, 18 Desember 2019 - 13:51 WIB
Banjir Jakarta, Dinas SDA DKI Pastikan Genangan Langsung Surut
Banjir Jakarta, Dinas SDA DKI Pastikan Genangan Langsung Surut
A A A
JAKARTA - Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta menggelar Operasi Siaga Ibu Kota untuk memastikan genangan surut seusai hujan mengguyur sejumlah wilayah di Jakarta.

Diketahui, pada Selasa 17 Desember 2019 kemarin sebanyak 19 titik genangan terjadi pascahujan dengan rincian, yaitu Jakarta Selatan tujuh titik, Jakarta Pusat empat titik, Jakarta Timur lima titik, dan Jakarta Barat tiga titik. Sedangkan, genangan pemukiman terdiri dari delapan titik genangan di wilayah Jakarta Barat.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta, Juaini mengatakan, personelnya langsung menuju lokasi begitu ada laporan genangan. Bahkan sudah disiapkan ratusan pompa portabel agar genangan cepat surut. (Baca Juga: Siagakan 596 Pompa Air, Banjir di 19 Titik Jakarta Mulai Surut)

“Pompa yang telah disiapkan Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta sebanyak 122 unit pompa mobile dan 474 unit pompa stasioner yang tersebar di 165 lokasi, dengan total kapasitas 489.01 m4/dt,” kata Juaini di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Selain itu, kegiatan monitoring dan antisipasi kejadian genangan terus dilaksanakan di beberapa titik, seperti Jalan MT. Haryono depan Gedung Film Kecamatan Pancoran dan Jalan Prof. Dr. Satrio Kecamatan Setiabudi. Tak hanya itu, tindakan preventif juga dilakukan oleh PPSU Provinsi DKI Jakarta. (Baca Juga: Pemprov DKI Belum Siap Antisipasi Banjir Jakarta)

Menurutnya, jumlah sampah di DKI saat hujan deras kemarin cukup banyak. Sehingga menyumbat saluran air yang ada. Belum lagi intensitas hujan yang cukup lebat.

Selain Dinas SDA, BPBD Provinsi DKI Jakarta selalu aktif melaporkan update peringatan dini cuaca Jabodetabek serta update tinggi muka air di website dan media sosial.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6682 seconds (0.1#10.140)