Pemprov DKI Uji Coba Jalur Sepeda Fase 3 Tomang Raya-Kendal

Sabtu, 02 November 2019 - 11:17 WIB
Pemprov DKI Uji Coba...
Pemprov DKI Uji Coba Jalur Sepeda Fase 3 Tomang Raya-Kendal
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali melakukan uji coba jalur sepeda fase 3 secara bertahap, Sabtu (2/11/2019). Uji coba jalur sepeda yang dimulai dari Jalan Tomang Raya, Jakarta Barat hingga terowongan Kendal memiliki panjang lintasan 5,6 kilometer.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, uji coba jalur sepeda kali ini merupakan bagian dari rangkaian program Jakarta ramah bersepeda, yang digagas Pemprov DKI demi mewujudkan kota Jakarta bebas emisi gas kendaraan bermotor.

"Jadi hari ini kita melaksanakan uji coba jalur sepeda fase ke tiga yang dibagi dalam dua area yang pertama di wilayah barat mulai dari Tomang Raya ke Kebon Sirih hingga terowongan Kendal," kata Syafrin di terowongan Kendal, Jakarta Barat, Sabtu (2/11/2019).

Syafrin menambahkan, untuk uji coba tahap selanjutnya akan dilakukan bertahap menuju wilayah Timur Jakarta.

"Wilayah Timur Jalan Matraman Raya-Jatinegara Timur, total jarak jalur sepeda fase 3 mencapai 21 kilometer," kata Syafrin.

Syafrin menuturkan, jalur sepeda akan mulai berlaku pada 20 November 2019. Artinya pada saat ditetapkan maka akan ada penegakan hukum yang diberikan kepada pelanggar jalur sepeda.

"Sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang (UU) 22 Tahun 2009 terhadap pelanggar pelaku pelanggaran atau mengabaikan aspek keselamatan pejelan kaki dan sepeda ini ada akan dikenakan pidana denda kurungan badan maksimal dua bulan atau denda Rp500.000, Undang-undang lalu lintas Pasal 24," ucap Syafrin.

Diketahui, pembangunan jalur sepeda di wilayah Kota Jakarta dilakukan secara bertahap. Pembagiannya dilakukan menjadi tiga fase dengan total panjang jalur sepeda secara keseluruhan mencapai 63 kilometer.

Fase ketiga ini di bangun sepanjang Jalan Tomang Raya menuju Simpang Tomang. Kemudian, belok kanan menuju Cideng, lalu menuju Jalan Kebon Sirih dan berakhir di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Tiga fase ujicoba ini terdiri dari fase pertama antara lain Medan Merdeka Selatan-Jalan Pemuda pada tanggal 20 September lalu hingga tanggal 11 Oktober 2019.

Kemudian untuk fase kedua, sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan RS Fatmawati Raya pada tanggal 12 Oktober lalu sampai tanggal 1 November 2019. Selanjutnya fase ketiga ini sepanjang Jalan Tomang-Jatinegara hingga tanggal 19 November mendatang.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9754 seconds (0.1#10.140)