Dinkes DKI Ingatkan Waspadai Suhu Panas karena Bisa Picu Heat Stroke

Jum'at, 25 Oktober 2019 - 12:29 WIB
Dinkes DKI Ingatkan Waspadai Suhu Panas karena Bisa Picu Heat Stroke
Dinkes DKI Ingatkan Waspadai Suhu Panas karena Bisa Picu Heat Stroke
A A A
JAKARTA - Suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia terutama Jakarta dalam beberapa hari ini ternyata dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengingatkan bahwa suhu panas yang melebihi batas wajar bisa memicu heat stroke.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti mengatakan, jika suhu panas yang terjadi telah melebihi batas wajar, maka masyarakat dapat terkena penyakit heat stroke. Dimana heat stroke adalah kondisi tubuh yang terlalu panas akibat aktivitas fisik pada saat adanya peningkatan suhu serta berada di tempat yang bertemparatur tinggi.

"Panas yang terlalu tinggi dapat memicu heat stroke," kata Widyastuti saat dikonfirmasi, Jumat (25/10/2019). (Baca Juga: Hari Ini Ibu Kota Cerah Berawan, Suhu Udara 25-35 Derajat Celcius)

Sebelumnya BMKG menyatakan bahwa saat ini Indonesia dilanda suhu panas, dan bukan gelombang panas. "Suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya Gerak semu matahari," katanya.

Feonema ini merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun, sehingga potensi suhu udara panas seperti ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9731 seconds (0.1#10.140)