Demonstran Bertopeng Tolak Penerbitan Perppu KPK

Senin, 07 Oktober 2019 - 17:45 WIB
Demonstran Bertopeng Tolak Penerbitan Perppu KPK
Demonstran Bertopeng Tolak Penerbitan Perppu KPK
A A A
JAKARTA - Ratusan orang menggelar unjuk rasa di depan Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019). Yang berbeda, dalam aksinya massa yang tergabung dalam Masyarakat Penegak Demokrasi (MPD) dan Srikandi Milenials ini mengenakan topeng. Mereka menyebut unjuk rasa itu sebagai aksi "Tertawakan KPK".

Mereka berunjuk rasa menolak wacana penerbitan Perppu UU KPK. Sejumlah pengunjuk rasa terlihat mengenakan topeng badut. Tak terkecuali tiga orang orator yang berdiri di atas mobil bak terbuka.

Menurut seorang orator, topeng badut itu adalah simbol untuk menertawakan sejumlah kelucuan yang terjadi di KPK. Satu di antaranya yaitu ketika terdapat oknum yang bernafsu mendorong Presiden Joko Widodo mengeluarkan Perppu KPK.

"Tidak ada kegentingan untuk memaksa Presiden Joko Widodo mengeluarkan Perppu KPK. Kami menertawakan oknum yang mendorong. Ini dagelan yang sangat lucu, aneh," kata Koordinator Aksi, Syahrul.

Dalam aksinya ini, massa mendapatkan hiburan musik dangdut dari salah satu mobil komando yang mereka bawa. Aksi berjalan damai di bawah penjagaan puluhan personel Polri berseragam.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5999 seconds (0.1#10.140)