Dari 1.790 Pemohon Rumah DP 0 Rupiah, 771 Lolos Verifikasi

Jum'at, 02 Agustus 2019 - 17:35 WIB
Dari 1.790 Pemohon Rumah DP 0 Rupiah, 771 Lolos Verifikasi
Dari 1.790 Pemohon Rumah DP 0 Rupiah, 771 Lolos Verifikasi
A A A
JAKARTA - Hingga hari keenam 1 Agustus proses pengajuan Kredit Pemilik Rumah (KPR) di lokasi hunian Program Solusi Perumahan Warga (Samawa) DP 0 Rupiah, telah hadir 771 pemohon dari 1.790 pemohon yang lolos verifikasi. Para pemohon masih memiliki waktu tiga hari untuk melakukan pengajuan permohonan KPR DP 0 Rupiah di Klapa Village dan melakukan pemilihan tipe unit.

Kepala Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera Pemerintah DKI Jakarta, Dzikran Kurniawan mengatakan, animo pendaftar dalam mengurus KPR di lokasi Rusunami Klapa Village, Jakarta Timur, sangat tinggi. Bahkan, menurutnya, hingga hari keenam ini ada ratusan masyarakat yang di luar undangan datang ke Klapa Village untuk mencari tahu kesempatan guna ikut mendaftar program Samawa DP 0 Rupiah.

"Tentunya rumah DP 0 Rupiah di Klapa Village yang totalnya mencapai 780 unit diprioritaskan untuk 1.790 undangan yang telah lolos verifikasi yang diumumkan pada Rabu, 25 Juli lalu. Namun kami tetap memberikan informasi mengenai program DP 0 Rupiah pada para warga yang mencari informasi tersebut. Kami juga menyarankan warga yang datang tersebut untuk mencari info lebih lengkap di website resmi https://samawa.jakarta.go.id," ujar Dzikran kepada wartawan, Jumat (2/8/2019).

Dzikran menambahkan, warga pemohon yang terundang masih ada kesempatan untuk mendaftar ulang. Karena, kata dia, masih ada waktu untuk mengajukan permohonan KPR dan memilih unit di lokasi hingga Minggu 4 Agustus 2019.

"Bahkan khusus untuk dua hari terakhir, yaitu Sabtu dan Minggu 3-4 Agustus, waktu pelayanan di Klapa Village kami perpanjang hingga pukul 17.00 WIB. Harapannya tambahan waktu di akhir pekan itu bisa memberikan kemudahan bagi para calon pendaftar program ini," tutur Dzikran.

Kemudian dia menekankan kembali bahwa dalam program DP 0 rupiah ini, para pendaftar tidak diminta untuk melakukan pembayaran pada fase pengajuan KPR dan pemilihan tipe unit. Menurut Dzikran, pihaknya mendapati beberapa temuan mengenai adanya pihak tidak bertanggung jawab yang mengaku-ngaku sebagai bagian dari Pemprov DKI dan meminta uang pada para peserta agar bisa lolos proses KPR.

"Warga dimohon berhati-hati dan waspada akan upaya penipuan. Karena hingga saat ini tidak ada pemungutan biaya sepeser pun selama masa proses pengajuan kredit di Bank DKI, Para pendaftar cukup datang membawa dokumen yang dibutuhkan ke lokasi pelayanan di Klapa Village," katanya.

Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah adalah program fasilitasi pembiayaan oleh pemrov untuk mengatasi masalah kepemilikan rumah. Melalui program ini, pemprov menyediakan fasilitas pembiayaan kepemilikan dengan skema DP 0 Rupiah.

Dengan pemenuhan kebutuhan skema kepemilikan ringan, diharapkan Warga DKI Jakarta akan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat sesuai dengan sesuai dengan Peraturan Gubernur 104/2018. (Baca Juga: Ambil Hunian DP 0 Rupiah, Gondo: Masa Numpang Terus Sama Orang Tua(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4212 seconds (0.1#10.140)