Diterapkan di Kota-kota Besar, Pengamat Nilai ETLE Cegah Pungli

Rabu, 03 Juli 2019 - 20:05 WIB
Diterapkan di Kota-kota Besar, Pengamat Nilai ETLE Cegah Pungli
Diterapkan di Kota-kota Besar, Pengamat Nilai ETLE Cegah Pungli
A A A
JAKARTA - Pengamat Transportasi Univesitas Katolik Soegijapranata (Unika), Djoko Setijowarno menyambut baik penerapan Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) di kota besar Indonesia. Hal ini bisa mencegah pungutan liar (pungli) di daerah.

"Bagus dong. Kalau ada ETLE, enggak ada yang pungli," kata Djoko saat menanggapi rencana Kakorlantas Irjen Pol Refdri Andri menerapkan ETLE ke daerah, Rabu (3/7/2019).

Dia melihat kondisi di daerah jauh berbeda dengan Jakarta. Terlebih di beberapa daerah kerap kali melakukan pungli, intrik-intrik melepas pelanggaran lalu lintas kerap dilakukan oleh Polisi bertugas di lapangan.

Di sisi lain kondisi ini semestinya sudah diantisipasi sejak lama. Karena itu saat ETLE pertama diterapkan di Sarinah dan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Djoko menyambut baik, semenjak itu dirinya berharap ETLE disebarkan di seluruh Jakarta. "Dari awal saya mengharapkan ini menjadi percontohan di Indonesia," tuturnya.

Djoko mengharapkan dengan ETLE di terapkan di daerah akan memaksimalkan tugas polisi lapangan. Mereka pun, kata Djoko, bisa dimasukan ke bagian staf mengawasi Closed Circuit Television (CCTV).

Sementara untuk pembiyaan, Djoko mengatakan hal tak menjadi masalah. Bila diseriusi semestinya polisi bisa menaruhnya di beberapa titik tertentu. Biaya pengadaan CCTV jauh lebih murah bila membeli banyak.

"Bisa juga meminta hibah dari pemda. Kan kita tau ada pemda yang berkecukupan," tutu Djoko.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7144 seconds (0.1#10.140)